Peningkatan hasil belajar tematik siswa SD menggunakan model make a match berbantuan media question box
Abstract
kelas IV SDN 3 Trisono melalui modelmake a matchdengan bantuan mediaquestion box.Jenis
penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk subjek penelitian adalah 11 siswa.
Penelitian (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur pada
penelitianiniadalahperencanaan,pelaksanaan,pengamatan,danrefleksi.Adapunteknik
pengumpulan data yaitumenggunakan teknik wawancara, teknikobservasi, dan teknik tes.
Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan mengumpulkan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis kuantitatif dengan
menganalisis data melalui hasil tes, dan mengukur presentase ketuntasan hasil tes. Hasil penelitian
setelah menggunakan modelmake a matchhasil belajar pada siklus I memperoleh rata rata 73
dengan presentase 55% dan pada siklus II memperoleh rata-rata 92 dengan presentase 91%.
Penerapan modelmake a matchpada hasil belajar siswa mengalami peningkatan 36%, maka hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelmake a matchberbantuan mediaquestion box
dapat meningkatkan hasil belajar tematik di SDN 3 Trisono.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang
Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
Anggarawati, I. G. A. A., Kristiantari, M. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2014). Pengaruh Make a
Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Mimbar
PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2146
Ayuni, I. G. A. P. A. S., Kusmariyatmi, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model
Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa
Kelas V. Journal of Education Technology, 1(2), 183–190.
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Jiwa, Dantes, & Marhaeni. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik
Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat
di Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.621
Pertiwi, P., Dony, N., & Mashuri, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Box
Question Pada Materi Sistem Koloid Di Ma Siti Mariam Banjarmasin. Dalton : Jurnal
Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2385
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa
sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1).
https://www.neliti.com/publications/71489/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-
siswa-sekolah-dasar-di-kecamatan-kota-tam
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil
Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar,
(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Rajawali Pers.
Saputra, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA
dengan Model Pembelajaran Make A Match Di SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan. Jurnal
Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 148. https://doi.org/10.29210/120200
Supardi. (2013). Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari interaksi tes formatif uraian
dan kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.115
Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan
Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa
SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/25472
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model
Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang.
Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62.
https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3278
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor
Determinan Hasil Belajar. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan
dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.