Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum Learning Berbantu Permainan Kartu Huruf Aksara Pada Siswa Sekolah Dasar

Putut Wahyu Saputro, Cerianing Putri Pratiwi, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyapemahamansiswamengenai
keterampilan membaca aksara jawa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan
kurang bervariasi dan tidak menggunakan permainan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah untuk 1) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa; 2) meningkatkan aktivitas
guru dan siswa melalui modelQuantum Learningberbantu permainan kartu huruf aksarapada
siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
siklus I dan siklus II. Prosedur dalam setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Widorokandang sejumlah
19siswa.Teknikpengumpulan datadalampenelitian inimenggunakan tes,observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian
ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca aksara jawa dan aktivitas siswa dan
guru pada siswa Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yang
mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Selain
itu aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I
untuk aktivitas guru sebesar 81% meningkat menjadi 100% pada siklus II, sedangkan pada siklus I
untuk aktivitas siswa sebesar 60% meningkat menjadi 100% pada siklus II

Keywords


Keterampilan Membaca, Aksara Jawa, Quantum Learning, Permainan Kartu Huruf Aksara

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi

siswa sd negeri kaliwiru semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Ardiyani, D. R. (2013). Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum

Learning Dengan Media Kartu Kata Siswa Kelas Iiia Sdn Petompon 02 Semarang.

http://lib.unnes.ac.id/17683/1/1401409149.pdf

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar

siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(1), 261–268. doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Astuti, W. (2017). Model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar

pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124.

doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41

Candrarini, K. P., Sunarto, & Nugroho, J. A. (2011). Penerapan model pembelajaran

kolaboratif dengan strategi quantum teaching untuk meningkatkan kemampuan

berpikir siswa pada mata pelajaran marketing kelas x-6 kompetensi keahlian

bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 karanaganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis

Dan Ekonomi, 4(1), 182–184.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/download/12047/8561

Chalimi, M. K. (2017). Implementasi contract untuk untuk teknik behavior

behavior contract memotivasi siswa dalam penyelesaian pekerjaan rumah ( pr )

di madrasah. Intelektual, 7(1), 82–89.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (penelitian tindakan kelas) dengan

pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di sd negeri

kalisube, banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983

Fitri, A. (2020). Pengaruh penggunaan media sponges dakon pada materi fpb dan

kpk terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 10(2), 171–178. doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178

Fitri, M. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning di lembaga

pendidikan anak usia dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA),

(2), 40–51.doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh model

pembelajaran advance organizer menggunakan video pembelajaran terhadap

hasil belajar fisika peserta didik kelas xi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi,

(2), 119–127.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.358

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran kooperatif, sebagai salah satu model

pembelajaran di madrasah ibtidaiyya (mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI,

(1), 1–16.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189

Julia, Wahira, & Surani. (2022). Penggunaan media kartu huruf untuk

meningkatkan kemampuan mengenal huruf di tk mardi santosa sumedang jawa

barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95–103.

Kosasi, S. (2015). Perancangan e-learning untuk meningkatkan motivasi

belajar guru dan siswa. Jurnal Informatika, 0362, 27213.

Lestari, N. T., Ngatman, & Suhartono. (2014). Penggunaan media kartu huruf

dalam peningkatan kemampuan membaca aksara jawa siswa sekolah dasar.

Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1), 1–7.

Malatuny, Y. G. (2016). Metode quantum learning untuk meningkatkan

efikasi diri dan hasil belajar ips siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pedagogika

Dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95.

Noviyeni, H., Ali, M., & Halida. (2015). Peningkatan pendidikan karakter

religius melalui sikap berdoa pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Katulistiwa, 4(1), 1–10.

Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi pembelajaran melalui stand-

up comedy untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan metode

ceramah di stkip pgri ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121.

doi.org/10.33830/jp.v21i2.960.2020

Nurmal, M. J., & Karniman, T. S. (2019). Penerapan model pembelajaran

kooperatif tipe numbered heads together ( nht ) untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada materi himpunan 12 sigi. Jurnal Elekstronik Pendidikan

Matematika, 7(4).

Oktavaian, N., P, J. I. S., & Riyadi. (2016). Peningkatan keterampilan menyanyi

tembang dolanan melalui model quantum berbasis media audio visual

Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran

multimedia interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia di

pgsd. The 1st Education and Language International Conference Proceedings

Center for International Language Development of Unissula (ELIC 2017), 173–177.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1224

Putri, Anggun, K. (2016). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan

kemampuan membaca aksara jawa pada siswa kelas v sdn 2 lundong tahun

ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 3, 20–34.

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8921/6483

Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu

kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sd.

Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68.

doi.org/10.17977/um009v26i12017p062

Sugiati, I., & Zainuddin, M. (2019). Peningkatan hasil belajar materi perkalian

dan pembagian bilangan pecahan melalui model quantum learning tipe tandur.

Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 25–31.

Sulistyani, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf jawa

melalui diskusi kelompok berbantu kartu huruf pada peserta didik kelas vi sd 1

prambatan kidul kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2),

–250.doi.org/10.24176/re.v10i2.4695

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui

model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together ( nht ) materi ajar

perbandingan dan fungsi trigonometri pada siswa kelas x. MATHEdunesa, 2, 1.

Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) solusi alternatif

problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.

doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Tisrin Maulina Dewi, & , Mirnawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan media

kartu kata bergambar dan metode konvesional terhadap hasil belajar

kemampuan membaca siswa pada kelas ii di sds 016 muhammadiyah karimun

tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Minda, 1(2).

Yuri Ariyanto, Atiqah Nurul Asri, Dwi Puspitasari, Yoppy Yunhasnawa, &

Bagas Satya Dian Nugraha. (2021). Pelatihan pembuatan presentasi interaktif

untuk warga dan perangkat desa karangduren, kec.pakisaji, kab. malang. Jurnal

Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(1), 26–30.

doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55


Refbacks

  • There are currently no refbacks.