Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum Learning Berbantu Permainan Kartu Huruf Aksara Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
keterampilan membaca aksara jawa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan
kurang bervariasi dan tidak menggunakan permainan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah untuk 1) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa; 2) meningkatkan aktivitas
guru dan siswa melalui modelQuantum Learningberbantu permainan kartu huruf aksarapada
siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
siklus I dan siklus II. Prosedur dalam setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Widorokandang sejumlah
19siswa.Teknikpengumpulan datadalampenelitian inimenggunakan tes,observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian
ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca aksara jawa dan aktivitas siswa dan
guru pada siswa Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yang
mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Selain
itu aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I
untuk aktivitas guru sebesar 81% meningkat menjadi 100% pada siklus II, sedangkan pada siklus I
untuk aktivitas siswa sebesar 60% meningkat menjadi 100% pada siklus II
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi
siswa sd negeri kaliwiru semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.
Ardiyani, D. R. (2013). Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum
Learning Dengan Media Kartu Kata Siswa Kelas Iiia Sdn Petompon 02 Semarang.
http://lib.unnes.ac.id/17683/1/1401409149.pdf
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
(1), 261–268. doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Astuti, W. (2017). Model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar
pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124.
doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41
Candrarini, K. P., Sunarto, & Nugroho, J. A. (2011). Penerapan model pembelajaran
kolaboratif dengan strategi quantum teaching untuk meningkatkan kemampuan
berpikir siswa pada mata pelajaran marketing kelas x-6 kompetensi keahlian
bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 karanaganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis
Dan Ekonomi, 4(1), 182–184.
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/download/12047/8561
Chalimi, M. K. (2017). Implementasi contract untuk untuk teknik behavior
behavior contract memotivasi siswa dalam penyelesaian pekerjaan rumah ( pr )
di madrasah. Intelektual, 7(1), 82–89.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (penelitian tindakan kelas) dengan
pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di sd negeri
kalisube, banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983
Fitri, A. (2020). Pengaruh penggunaan media sponges dakon pada materi fpb dan
kpk terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan, 10(2), 171–178. doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178
Fitri, M. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning di lembaga
pendidikan anak usia dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA),
(2), 40–51.doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681
Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh model
pembelajaran advance organizer menggunakan video pembelajaran terhadap
hasil belajar fisika peserta didik kelas xi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi,
(2), 119–127.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.358
Jaelani, A. (2015). Pembelajaran kooperatif, sebagai salah satu model
pembelajaran di madrasah ibtidaiyya (mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI,
(1), 1–16.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189
Julia, Wahira, & Surani. (2022). Penggunaan media kartu huruf untuk
meningkatkan kemampuan mengenal huruf di tk mardi santosa sumedang jawa
barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95–103.
Kosasi, S. (2015). Perancangan e-learning untuk meningkatkan motivasi
belajar guru dan siswa. Jurnal Informatika, 0362, 27213.
Lestari, N. T., Ngatman, & Suhartono. (2014). Penggunaan media kartu huruf
dalam peningkatan kemampuan membaca aksara jawa siswa sekolah dasar.
Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1), 1–7.
Malatuny, Y. G. (2016). Metode quantum learning untuk meningkatkan
efikasi diri dan hasil belajar ips siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pedagogika
Dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95.
Noviyeni, H., Ali, M., & Halida. (2015). Peningkatan pendidikan karakter
religius melalui sikap berdoa pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Katulistiwa, 4(1), 1–10.
Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi pembelajaran melalui stand-
up comedy untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan metode
ceramah di stkip pgri ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121.
doi.org/10.33830/jp.v21i2.960.2020
Nurmal, M. J., & Karniman, T. S. (2019). Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe numbered heads together ( nht ) untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi himpunan 12 sigi. Jurnal Elekstronik Pendidikan
Matematika, 7(4).
Oktavaian, N., P, J. I. S., & Riyadi. (2016). Peningkatan keterampilan menyanyi
tembang dolanan melalui model quantum berbasis media audio visual
Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran
multimedia interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia di
pgsd. The 1st Education and Language International Conference Proceedings
Center for International Language Development of Unissula (ELIC 2017), 173–177.
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1224
Putri, Anggun, K. (2016). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan
kemampuan membaca aksara jawa pada siswa kelas v sdn 2 lundong tahun
ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 3, 20–34.
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8921/6483
Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu
kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sd.
Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68.
doi.org/10.17977/um009v26i12017p062
Sugiati, I., & Zainuddin, M. (2019). Peningkatan hasil belajar materi perkalian
dan pembagian bilangan pecahan melalui model quantum learning tipe tandur.
Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 25–31.
Sulistyani, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf jawa
melalui diskusi kelompok berbantu kartu huruf pada peserta didik kelas vi sd 1
prambatan kidul kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2),
–250.doi.org/10.24176/re.v10i2.4695
Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui
model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together ( nht ) materi ajar
perbandingan dan fungsi trigonometri pada siswa kelas x. MATHEdunesa, 2, 1.
Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) solusi alternatif
problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.
doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Tisrin Maulina Dewi, & , Mirnawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan media
kartu kata bergambar dan metode konvesional terhadap hasil belajar
kemampuan membaca siswa pada kelas ii di sds 016 muhammadiyah karimun
tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Minda, 1(2).
Yuri Ariyanto, Atiqah Nurul Asri, Dwi Puspitasari, Yoppy Yunhasnawa, &
Bagas Satya Dian Nugraha. (2021). Pelatihan pembuatan presentasi interaktif
untuk warga dan perangkat desa karangduren, kec.pakisaji, kab. malang. Jurnal
Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(1), 26–30.
doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.