Analisis Soal HOTS Pada Naskah Soal TKM (Tes Kendali Mutu) Kelas 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman.
Abstract
kedalam kriteria HOTS pada naskah soal TKM (Tes Kendali Mutu) kelas 3 SD. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menganalisis soal TKM di Tahun
2022. Analisis data berpedoman pada Taksonomi Bloom yang terevisi. Level Kognitif tipe HOTS
berada pada jenjangmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Jumlah soal yang
dianalisis berjumlah 290 butir soal yang terdapat pada tema 5 sampai dengan tema 8. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil analisis
menunjukan presentase soal HOTS pada tema 5 sebesar 36,25 % , pada tema 6 sebesar 54,28 % ,
pada tema 7 sebesar 32,86%, dan pada tema 8 sebesar 21,43%. Secara keseluruhan, jumlah
presentase soal bertipe HOTS pada naskah soal TKM Semester Genap 2021/2022 kelas 3 SD di
Kabupaten Sleman yaitu sebesar 39,65%. Berdasarkan presentase tersebut soal tipe HOTS pada
naskah soal TKM kelas 3 di Kabupaten Sleman masih kurang dari 50%, maka dapat dikatakan
pengembangansoalHOTSpadasoalTKMdalampenerapanyadinilaimasihkurang.Maka
diperlukanevaluasidanpeningkatandalampelatihanpengembangansoaltipeHOTSpada
Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai penyusun naskah soal TKM di Kabupaten Sleman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darus, M. F., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Soal Dalam Buku
Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order
Thinking Skills (Hots). JPMI (Jurnal ..., 4(4), 777–788.
doi:10.22460/jpmi.v4i4.777-788
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013.
Edudeena, 2(1), 57–76. doi:10.30762/ed.v2i1.582
Fauziah, N. (2018). Analisis Soal Ujian Nasional Tipe Higher Order Thinking
Skills (HOTS) dalam Mata Pelajaran IPA Tingkat SD/MI.
Hasanah, U., Danaryanti, A., & Suryaningsih, Y. (2019). Analisis Soal Ujian
Nasional Matematika SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Ditinjau dari Asp Berpikir Tingkat Tinggi. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.
doi:10.20527/edumat.v7i1.6350
Nuraditiya, E. F. dkk. (2020). Analisis Soal Tipe HOTS Dalam Soal Ujian
Nasional SMP Tahun Ajaran 2018/2019. Seminar Nasional Pendidikan
Matematika, 1 (1)(23), 267–270.
Rini, F. I., & Marmoah, S. (2021). Analisis soal higher order thinking skill (
HOTS ) pembelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria,
((4)), 1–6.
Saputro, H. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Ujian
Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal
Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(4), 1–11.
Wirandani, T., Kasih, A. C., & Latifah. (2019). Analisis Butir Soal Hots ( High
Order Thinking Skill ) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas Xii Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Di Smk an-Nahl. Parole:Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,
(4), 485–494.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes
Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di
Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(1), 37–46.
Refbacks
- There are currently no refbacks.