PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Novita Ratnasari, Rissa Prima Kurniawati, Ellys Mersina Mursidik

Abstract


Penelitiannini bertujuan untuk mendeskripsikannpengaruh penggunaannmodel pembelajaran
project based learningberbantuan media animasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sekolah
dasar. Penelitian yang digunakannadalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Untuk desain
penelitian menggunakanPosttest Only Control Design. Populasi dari penelitiannini adalah siswa kelas V
dari SDN 05 Madiun Lor. Sampel penelitian adalah 50 siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor. Teknik
pengumpulannsampel yang digunakannadalahsimple random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakantesdandokumentasi.Dilanjutkandenganujiprasyarattyangdigunakanuntukuji
normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh thitung > dari ttabel atau. 55,453 > 2,063 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkannbahwaadapengaruhpenggunaannmodelpembelajaranprojectbasedlearning
berbantuannmedia animasiiterhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sekolah dasar.

Keywords


Model pembelajaran project based learning, kemampuan berfikir kreatif, media animasi

Full Text:

PDF

References


Apertha, Fanny Khairul Putri, Zulkardi, and Muhamad Yusup. 2018. “Pengembangan

Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII.” Jurnal

Pendidikan Matematika 12(2): 47–62.

Arianti, Sri. 2018. “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi

Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan 2(1): 30–38.

Kadi, Titi, and Robiatul Awwaliyah. 2017. “Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian

Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Islam Nusantara 1(2): 144–55.

Magdalena, Ina, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, and Adinda Rahmah Ishaq. 2021.

“Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika

Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04.” Jurnal Pendidikan dan

Ilmu Sosial 3(2): 150–65.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1):

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.”

FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2): 333.

Rubio, Pamela Figueroa. 2013. “Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia” 1: 81–109.

Suciani, Tititri, Elly Lasmanawati, and Yulia Rahmawati. 2018. “Pemahaman Model

Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Tata Boga.” Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner 7(1): 76–81.

Susanti, Henny Dwi et al. 2017. “Refleksi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.” Jurnal Keperawatan. Universitas

MuhammadyaMalang4(1):724–32.

Wulandari, Fitriana Ayu, Mawardi Mawardi, and Krisma Widi Wardani. 2019.

“Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind

Mapping.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(1): 10.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014.

“Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):

–95


Refbacks

  • There are currently no refbacks.