Penerapan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika
Abstract
Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran model pembelajaran yang digunakan kurang
inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaranthink
pair sharedalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada saat menyelesaikan soal
cerita bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
siklus I dan siklus II. Prosedur penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngawi Purba 2 dengan subjek penelitian siswa kelas V
berjumlah 8 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaranthink pair sharedapat membantu meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dari meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
dari kondisi pra siklus yang hanya menunjukkan bahwa 65% siswa memiliki kemampuan berpikir
kritis, kemudian pada siklus I menunjukkan 73%, dan pada siklus II menunjukkan bahwa 95%
siswa memiliki kemampuan berpikir kritis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika
di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 2415-2422.
Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Hadi, F. R. (2021). Kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan
soal hots matematika berdasarkan teori newman. MUALLIMUNA:Jurnal
Madrasah Ibtidaiyah, 43-56.
Haryani, D. (2012). Membentuk siswa berpikir kritis melalui pembelajaran
matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan
Matematika, 165-174.
Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan hasil belajar IPS
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS)
dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation, 120-
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2021). Pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis di
sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 218-226.
Mulyasa. (2019). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Nurwidiyati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, disiplin, dan tanggung
jawab siswa tingkat sekolah dasar . Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 220-
Purnomo, A., & Suprayitno. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair
Share) dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. JPGSD, 1-9.
Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas V sekolah
dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang. Terampil:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 65-74.
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran make a match untuk pembelajaran
ipa yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 52-29.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas model problem based learning
dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah
dasar. Jurnal Basicedu, 228-238
Refbacks
- There are currently no refbacks.