Efektifitas Model STEAM Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 01 Klegen Kota Madiun
Abstract
pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 01 Klegen. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel
sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent design
control grup. Penelitian ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pretest
dan posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata dbawah KKM. Sedangkan hasil pretest dan
posttest kelas eksperimen mendapatkan rata–rata diatas KKM yaitu dengn minimal 70 dan hasil
maksimal 100. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Paired Two Sample For Means atau T-Test
dengan perolehant hitung (-7,508025684)≤t tabel (2,006646805), maka H0 diterima dan H1 di tolak .
SelanjutnyaKelasekpserimenmendapatkanrata-rata.Berdasarkandatadiatasnilaithitung
(8,157072188)≥t tabel (2,006646805), maka H0ditolak dan H1diterima. Hal tersebut ada hasil yang
signifikan terhadap keefektifan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IVB
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar
Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42
Astiza, I. (2020). Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Bermuatan Steam Kelas III Sd
Muhammadiyah 3 Assalam Kota Malang. https://eprints.umm.ac.id/69851/
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan
Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa
Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya
terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi
Pendidikan, 3(1), 25–35.
Soldiana. (2018). Pembelajaran Kooperatif Student STEAM Achievement dalam Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 168060 Kota Tebing Tinggi.
ESJ (Elementary School Journal)), 8(4), 308
Refbacks
- There are currently no refbacks.