ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PADA HASIL ASESSMENT KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DI SD NEGERI 1 PURWOSARI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil AKM terutama pada kemampuan numerasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua kali test yakni pre test dan post test. Dimana dalam setiap pelaksanaan pre test dan post test terdapat 40 butir soal pilihan ganda yang dikerjakan selama 90 menit. Soal tersebut didapatkan dari program Kampus Mengajar 3. Hasil dari analisis AKM kelas Numerasi menunjukan adanya peningkatan pada hasil post test. Pada hasil pre test rata-rata skor siswa yakni 41,8%. Setelah dilakukan post test, rata-rata skor post test yakni 55,1%. Penjabaran skor tersebut didapatkan dari 18 indikator. Skor peningkatan paling tinggi dari pre test ke post test yakni pada indikator nomor 11,12 dan 16. Skor sama terdapat pada indikator nomor 9. Terdapat penurunan skor pada indikator nomor 5,8 dan 17. Dari kedua tes yang dianalisis didapatkan dalam kategori sedang karena berada pada interval nilai 40-70 yaitu sebesar 48,45%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam AKM Numerasi di SD Negeri 1 Purwosari tergolong sedang. Dengan demikian perlu adanya perbaikan dalam peningkatan kemampuan siswa yang didukung dari lembaga pendidikan itu sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Khoirudin, Rina Dwi Setyawati, F. N. (2017). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIS RENDAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK PISA | khoirudin | AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Dini Andiani, Mimi NurHajizah, J. A. D. (2020). View of Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544
Ila Khayati Muflikhah, Anita Dwi Rahmawati, S. W. (2021). Analisis Karakteristik Siswa MI/SD dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) | SEMAI: Seminar Nasional PGMI. http://103.142.62.229/index.php/semai/article/view/405
Keislaman dan Ilmu Pendidikan, J., Fadhilah, V., Setiawan, F., Indriani, T., Yulianti, S., & Ahmad Dahlan Yogyakarta, U. (2022). Analisis Kebijakan Asasemen Nasional Pengganti Ujian Nasional terhadap Evaluasi Pendidikan di Indonesia. ALSYS, 2(4), 514–523. https://doi.org/10.36088/ALSYS.V2I4.470
Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021a). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I2.7
Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021b). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I2.7
Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021c). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I2.7
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Dyah Ganestri, I. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/VARIDIKA.V33I1.14993
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 186. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133
Sri Hartatik. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/EHDJ.V5I1.1456
Y.Resti1, Zulkarnain2, Astuti2, E. S. K. (2020). View of PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PELATIHAN DALAM BENTUK TES UNTUK ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BAGI GURU SDIT AULADI SEBRANG ULU II PALEMBANG. 2020. http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/246/195
Refbacks
- There are currently no refbacks.