PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS KINEMASTER PADA HASIL BELAJAR TEMA 6
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster berbasis KineMaster
pada hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di SDN 01 Manisrejo. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas 5, yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol
penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yaitu kuantitatif Quasy
Eksperimen dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar peserta
didik. Hasil penelitian ini meliputi : Penggunaan media poster berbasis KineMaster dapat
mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen
dengan media poster berbasis KineMaster yaitu nilai pretest 67,083 dan posttest 79,166 lebih
unggul dibandingkan nilai pretest dan posttest kelas kontrol dengan media poster tanpa berbasis
KineMaster yaitu nilai pretest 63,333 dan posttest 71,250. Penggunaan media poster berbasis
Kinemaster berpengaruh signifikan terhadap nilai hasil belajar tema 6 Panas dan Perpindahannya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Dewi, N. P. S. R. (2020). Efektivitas pelatihan
pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster
(Program PkM). Jurnal Senadimas Undiksha, 1758–1765. Efektivitas pelatihan
pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster
(Program PkM)
Darmawan Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Hafizatul, K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran
Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa …, 39–44.
http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218
Hildayanti,Samsuri Andi Sukri, A. A. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Poster
Dalam Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 77 Kanaeng
Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 518–529.
Hujair, S. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.
Nurrita Teni. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Rosarina Gina, Sudin Ali, S. A. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207.
http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.
Sadiman Arief S, Harjito, Haryono Anung, R. R. (2014). Media Pendidikan : Pengertian,
Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenadamedia Group.
Suryani Nunuk, Setiawan Achmad, P. A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan
Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter
Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Refbacks
- There are currently no refbacks.