Penggunaan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan SD Di Era New Normal

Maulana Irfan Rahmanto, Lina Nur Azizah, Aulia Puspitarini,, Galih Istiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD pada
materi pokok pecahan menggunakan kartu domino di era new normal. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis and McTaggart. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Sedayu 1 Muntilan. Penelitian terdiri dari dua siklus,
yang mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap
pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) tahap refleksi. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar
siswa dan keaktifan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui
observasi dan hasil penilaian evaluasi lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Indikator keberhasilan dalam penelitian yaitu apabila setelah mendapat perlakun pada siklus I dan
siklus II hasil penilaian menunjukkan minimal rata-rata nilai hasil belajar 60 atau siswa memperoleh
nilai diatas KKM yaitu 65. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan hasil
belajar siswa pada materi pecahan setelah adanya penerapan media kartu domino saat proses
pembelajaran. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dimana pada awalnya nilai rata-rata
hasil belajar siswa dari guru 40 kemudian setelah adanya perlakuan pada siklus I ke siklus II terdapat
kenaikan, pada siklus I terdapat kenaikan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 57,7. Hasil
belajar siswa tersebut mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu nilai rata-rata hasil
belajar siswa menjadi 80


Keywords


Kartu Domino; Hasil Belajar; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, K. (2018). Penggunaan Kartu Domino Matematika Dalam Framework Elpsa Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Media Pendidikan Matematika, 6(1), 39.

https://doi.org/10.33394/mpm.v6i1.1815

Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil

belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 325.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (H. Rahmadani &

H. A. Susanto (eds.); 1st ed.). CV BUDI UTAMA.

Mendikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020

tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi

Khusus.

Musdalifah, siti . dkk. (2021). Media Keahlian Kuliner Kartu Siswa Smk Program. Jurnal Tata

Boga, 10(1), 35–43.

Mustakim, U. S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar

Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Uniqbu Journal Of Exact Sciences

(UJES), 1, 41–45.

Putsanra, D. V. (2020). Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan

COVID-19. Www.Tirto.Id.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rosmayati, S., & Maulana, A. (2021). Dampak Pembelajaran Di Era New Normal Di Masa

Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2),

–62.

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. an S. (2020). Pengembangan Kartu Domino

Pecahan Sebagai Meida Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. 12(01),

–12.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi

pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1),

–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkanhasil-

belajar-siswa-melalui.pdf

Susanti, E. T., & Amelia, M. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran

Matematika Dimasa Pandemi Covid-19. UJMES, 06(02), 15–18.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa

dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri

Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49),

–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Yosi & Yalvema. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah

Dasar. E-Journal, 8(3), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.