PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD DI DESA WONOREJO

Diki Wahyu Saputra, Elly’s Mersina Mursidik, Hartini Hartini

Abstract


Hasil pembelajaran sangat bergantung pada proses pembelajaran, proses yang baik dan
tepat maka hasilnya akan baik juga. Berdasarkan Hasil oberservasi pada anak kelas IV SD di Desa
Wonorejo terdapat banyak masalah yang mendasar tekait dengan pembelajaran khususnya pada
saat pelajaran tematik di kelas yang disebabkan seperti seperti rendahnya minat atau antusiasme
peserta didik dalam mengamati dan mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)
terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas 4 SD Di Desa Wonorejo. Penelitian ini merupakan
penelitian yang berjenis kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen
yang digunakan berupa RPP, kisi-kisi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
hasil tes menggunkan pilihan ganda yang kemudian di nilai. Hasil teset tersebut kemudian diolah
menggunkan uji Indepeendent Sample Test. Berdasarkan nilai Df sejumlah 23 data dan signifikansi
0,05 maka nilai t tabelnya adalah 2,069. Nilai T tabel kebudian dibandingkan dengan nilai T hitung
yaitu 5,96. Nilai t hitung sebesar 5,96 > t tabel sebesar 2,069 menunjukan bahwa H0 ditolak sehingga
Ha diterima. Jika Ha diterima maka hipotesis yang dibuat bahwa: “Model SAVI (Somatis, Auditori,
Visual, Intelektual) berpengaruh terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD di Desa Wonorejo” adalah
benar


Keywords


Belajar; SAVI; Tematik

Full Text:

PDF

References


Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual

Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. Diambil dari

http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/428

Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). lModel Pembelajaran SAVI Berbantuan

Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vajar IPA Siswa

Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 290.

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631

Kusumawati, S. W., & Gunansyah, G. (2013). Model pembelajaran SAVI untuk

meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 9.

Naibaho, L., Silaban, J., & Sinaga, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi

Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv Sds Budi Luhur. FKIP UNMA, 6(2), 314–319.

Diambil dari https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.452

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Purnamasari, I., Anwar, & Iwan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI

terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar Studi pada Materi Pokok

Sistem Koloid. Jurnal Chemica, 20, 63–70.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik

Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,

(12), 1572–1582. Diambil dari

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model

Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media

Hide Dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran,

(2), 137–148. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545

Tanod, L. M., Laloma, A., & Londa, V. Y. (2018). Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar

Di Sd Inpres Kolongan Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi

Publik, 4(52), 1–8.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran

Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 1(2), 129–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.