PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD DI DESA WONOREJO
Abstract
Hasil pembelajaran sangat bergantung pada proses pembelajaran, proses yang baik dan
tepat maka hasilnya akan baik juga. Berdasarkan Hasil oberservasi pada anak kelas IV SD di Desa
Wonorejo terdapat banyak masalah yang mendasar tekait dengan pembelajaran khususnya pada
saat pelajaran tematik di kelas yang disebabkan seperti seperti rendahnya minat atau antusiasme
peserta didik dalam mengamati dan mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)
terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas 4 SD Di Desa Wonorejo. Penelitian ini merupakan
penelitian yang berjenis kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen
yang digunakan berupa RPP, kisi-kisi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
hasil tes menggunkan pilihan ganda yang kemudian di nilai. Hasil teset tersebut kemudian diolah
menggunkan uji Indepeendent Sample Test. Berdasarkan nilai Df sejumlah 23 data dan signifikansi
0,05 maka nilai t tabelnya adalah 2,069. Nilai T tabel kebudian dibandingkan dengan nilai T hitung
yaitu 5,96. Nilai t hitung sebesar 5,96 > t tabel sebesar 2,069 menunjukan bahwa H0 ditolak sehingga
Ha diterima. Jika Ha diterima maka hipotesis yang dibuat bahwa: “Model SAVI (Somatis, Auditori,
Visual, Intelektual) berpengaruh terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD di Desa Wonorejo” adalah
benar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual
Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. Diambil dari
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/428
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). lModel Pembelajaran SAVI Berbantuan
Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vajar IPA Siswa
Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 290.
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631
Kusumawati, S. W., & Gunansyah, G. (2013). Model pembelajaran SAVI untuk
meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 9.
Naibaho, L., Silaban, J., & Sinaga, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi
Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv Sds Budi Luhur. FKIP UNMA, 6(2), 314–319.
Diambil dari https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.452
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Purnamasari, I., Anwar, & Iwan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar Studi pada Materi Pokok
Sistem Koloid. Jurnal Chemica, 20, 63–70.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik
Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,
(12), 1572–1582. Diambil dari
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796
Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model
Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media
Hide Dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran,
(2), 137–148. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545
Tanod, L. M., Laloma, A., & Londa, V. Y. (2018). Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar
Di Sd Inpres Kolongan Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi
Publik, 4(52), 1–8.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran
Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 1(2), 129–136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.