Analisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas 5 sekolah dasar

Indah Nur Alia, Rissa Prima Kurniawati, Ellys Mersina Mursidik

Abstract


Matematika menyajikan berbagai materi perhitungan yang penyelesaiannya
membutuhkan pemahaman. Pemahaman yang mendalam terhadap suatu materi dapat mengarahkan
siswa untuk memiliki kemampuan numerasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas 5
sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jumlah sampel
sebanyak 3 siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Paron. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu tes, wawancara dan dokumentasi, serta dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi
data. Prosedur penelitian pada penelitian ini, meliputi persiapan, pengumpulan data, validasi data,
analisis data, penarikan kesimpulan dan penyusunan laporan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa
dari 3 subjek menghasilkan kemampuan numerasi yang berbeda-beda. Pada kemampuan numerasi
yang tinggi terdapat 1 siswa dengan nilai 72 yang memenuhi tiga komponen proses dari indikator
kemampuan numerasi yang meliputi merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan
hasil jawaban. Pada kemampuan numerasi yang sedang terdapat 1 siswa dengan nilai 63 yang
memenuhi dua komponen proses dari indikator kemampuan numerasi yaitu merumuskan masalah
dan menafsirkan hasil jawaban. Serta pada kemampuan numerasi yang rendah terdapat 1 siswa
dengan nilai 2 yang tidak memenuhi tiga komponen proses dari indikator-indikator kemampuan
numerasi.


Keywords


Kemampuan Numerasi; Soal Matematika; Kelas 5 Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Rusmana, I, M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan

dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan

Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1(7), 1–7. Retrieved from

http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi. 1, 263–268.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi

Geometri di Sekolah Dasar. 11(1), 27–35.

Haliana, W. O., Kadir, Kodirun, & Saleh. (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII

Safuwan

SMP Negeri 6 Kendari DItinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Disposisi Matematika.

Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 218–228.

Larasaty, B. M., Mustiani, & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi

Matematika Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Melalui Pendekatan

PMRI Berbasis PISA Pada Materi Pokok SPLDV. 622–633.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2015). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah

Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. 3(2), 1–6.

Rahmwati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5

Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islam, 4(1),

–65.

Sari, D, R., Lukman, E, N., & Muharram, M. R. W. (2021). No TitlAnalisis Kemampuan

Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-

Numerasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153–162.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. ALFABETA.

Utaminingsih, R., & Subanji. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta

Didik pada Materi Program Linear dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, 4(1), 2615–4072. Retrieved from

https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.