Implementasi Literasi Mendongeng Jowo Macapat Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter Siswa SDN Banjarejo Kota Madiun

Anam Prianata, Dian Nur Antika, Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi literasi mendongeng jowo macapat sebagai upaya penanaman nilai karakter siswa SDN Banjarejo Kota Madiun, 2) Peran guru dan siswa dalam upaya penanaman nilai karakter pada siswa SDN Banjarejo Kota Madiun 3) Kendala yang dihadapi dalam upaya penanaman pendidikan karakter pada siswa SDN Banjarejo Kota Madiun. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa, guru dan kepala sekolah SDN Banjarejo Kota Madiun. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta analisis data dan penarikan kesimpulan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pada saat pembiasaan dan pembelajaran di SDN Banjarejo benar-benar menekankan cara berpikir, bersikap, berperilaku dan berbahasa dengan baik. Selain berbahasa, sikap dan berprilaku baik juga ditekankan ketika pembiasaan. Pada saat pembiasaan dojopat guru juga mempunyai peranan dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang makna baik yang terkandung dalam dongeng jowo dan berharap siswa mengimplementasikannya dengan tujuan dapat menanamkan nilai-nilai karakter seperti kreatif, gemar membaca, cinta tanah air dan nasionalis pada siswa. Setiap usaha pasti ada kendala yang dihadapi. Pada upaya penanaman pendidikan karakter pada siswa SDN Banjarejo Kota Madiun, melalui kegiatan dojopat (dongeng jowo macapat) siswa mengalami kesulitan dalam memahami Bahasa jawa yang digunakan, sehingga memerlukan bimbingan dan peran guru dalam memahami isi dan makna dongeng jowo tersebut.

Keywords


Literasi; Mendongeng Jowo Macapat (Dojopat); Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Budiman & karyati. (2021). Membentuk Karakter Kreatif : Bergerak Melalui Stimulus Permainan Tradisional. Jurnal PGSD, 14(1).

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Julaiha, S. (2014). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN. Dinamika Ilmu, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Mahardika, S., Setyaningrum, F., Guru, P., Dasar, S., & Dahlan, U. A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(3), 251–259. file:///C:/Users/USER/Downloads/3184-10197-1-PB.pdf

Muhammad, G., Rahmat, M., & Ganeswara, G. M. (2020). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah, 7(1), 10–20. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, W. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III di MI Negeri Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Shoimah, L. S. & S. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP, 1(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet

Wahyuni, A., Triyanto & Noventari, W. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng Dan Pendampingan Anak Di Rumah Dongeng Kinciria. WASKITA, 3(2). https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/70/88

Wisnarni. (2017). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Eksrakulikuler Berbasis Kebiasaan Pada Sdn No 199/Iii Koto Majidin Hilir. Jurnal Tarbawi, 3(119), 51–63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.