Peningkatan.Hasil Belajar Dan Partisipasi Siswa SD Melalui.Penerapan.Model.Think Talk Write

Melly Fitriyani, Fida Chasanatun, Ibadullah Malawi

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan partisipasi siswa melalui penerapan model Think Talk Write pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Jenis.penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model John Elliot. Penelitian ini terdiri.dari siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yakni keadaan pra siklus jumlah.siswa yang mendapatkan hasil belajar tuntas atau mendapatkan nilai ≥75 hanya mencapai 24 siswa (82.76%), pada siklus I yang memperoleh hasil belajar tuntas mencapai 27 siswa (93.10%) dan pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 29 siswa (100%). Maka dari itu, penerapan dari model pembelajaran.Think.Talk.Write dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa berhasil, karena sudah memenuhi syarat pencapaian siklus yang diharapkan yaitu 100% siswa mendapat nilai mencapai KKM 75 dan 100% jumlah siswa dapat antusias dan aktif saat pembelajaran. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan yakni dengan penerapan model Think.Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar dan partisipasi belajar siswa.

Keywords


Model Think Talk Write;Hasil.Belajar; Partisipasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1). 53-64. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryananda, J., Chamisijatin, L., & Hafi, A. (2019). Penerapan model think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif pada siswa kelas III SDN Sumbersari 1 kota Malang. Jurnal Basicedu. 3(1). 118-124. https://www.neliti.com/publications/278071/penerapan-model-think-talk-write-untuk-meningkatkan-keterampilan-menulis-kalimat

Cahyani, Isah. (2009). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayani, M. (2016). Pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam. 15(1). 150-165. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v15i1.292

Huda, Miftahul. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyani, M., Fida C., & Ibadullah, M.

Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). Talk You Way into Writing. In. P. C. Elliot and M.J. Kenney (Eds). Years Book 1996. Communication in Mathematics K-12 and Beyond. USA: NCTM.

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. (1984). Qualitative Data Analysis. Beverly Hills:Sage Publ.

Renna, D. S., Satinem, S., & Aswarliansyah, A. (2021). Penerapan model kooperatif tipe think talk write (TTW) pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bukit Langkap. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. 3. 261-268. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/202

Sukayati & Wulandari, S. (2009). Pembelajaran Tematik Di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Zalmonetasari, Z., & Reinita, R. (2021). Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 10(1). 124-129. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112237


Refbacks

  • There are currently no refbacks.