Efektivitas Model Pembelajaran Pair Check Pada Kurikulum Tematik Tema 7 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V

Mustika Nur Anggraeni, Ibadullah Malawi, Fida Chasanatun

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dengan kurang efektifnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Hal tersebut disebabkan kurang adanya penggunaan model yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check efektif terhadap hasil belajar tematik tema 7 siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Research Design dengan desain penelitian  The Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah Kelas V A sebanyak 39 siswa dan kelas V E sebanyak 39 siswa dengan menggunakan teknik jenis Probablility sampling yaitu Sampel Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest rata-rata pada kedua tes mengalami peningkatan. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil nilai sig sebesar 0,000< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest mata pelajaran tematik dengan posttes pada kelas control. Artinya model pembelajaran pair checks efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun.

Keywords


Tema 7; Pair checks; Hasil belajar tematik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita, Lie. 2004. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aspikal, Hujemiati. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Ditinjau dari Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Awangpone, Jurnal Pedagogy

_______________. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta:Bumi Aksara.

Aqib, Zainal.2015. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Penerbit Yrama Widya

Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Esti Jayanti. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Pasucen 01 Pati (Skripsi). Semarang : Universitas PGRI Semarang

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kuslaila, Ningsih, dkk. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks Pada Materi Pokok Segitiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Imiah Pendidikan Matematika

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Retnoningsih dan Suharno.2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang: CV. Widya Karya

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sadiman, dkk. 2011. MEDIA PENDIDIKAN Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Perseda

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media

Sari, Iin Benilia dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Cheks Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Jurnal Pendidikan Matematika.

Sisdiknas. 2011. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung.

. 2010. Metodologi Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta

Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PRENAMEDIA GROUP

Warsono dan Hariyanto.2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yani, Fitri, dkk. (2015). Penerapan Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkanm Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal. Hal 10-12 www. portalgaruda.org/article/328173.pdf (Diakses 18 Maret pukul 8.30)

Yantiani, Ni Md dkk. 2013. Pembelajaran Kooperatif Pair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura. Online. Available at http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/1188/1051 Diakses pada 10/12/2014.

Yuliariska, Suwatra, dkk. 2016. Penerapan Model Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.