Literasi Digital dalam Kerangka Blended Learning

Kurniawati Wahyu Utami, Ibadullah Malawi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini berfokus dalam penerapan  model  pembelajaran blended learning untuk meningkatkan literasi digital. Tujuan penelitian ini peneliti ingin meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar dengan penerapan pembelajaran blended learning sekaligus untuk mengurangi penularan virus Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode dengan subjek siswa sekolah dasar kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi, penyajian data, dan  penarikan  kesimpulan. Instrumen menggunakan kuesioner atau angket literasi digital dan lembar observasi pembelajaran blended learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V dalam pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Hal tersebut dilihat pada hasil penelitian dengan meningkatnya setiap pra siklus hingga siklus II sampai memenuhi kecakapan stadart literasi digital tingkat tinggi yang telah ditentukan.

Keywords


Literasi digital; Meningkatkan; Blended learning

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/ 10.46627/sipose.v1i1.9

Amalia, D. Y., & Julia, J. (2022). Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1618–1628. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i2.2171

Amelia, R. (2021). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 184–195. https://doi.org/10.15548/mrb.v4i2.3278

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493

Arwin, A., Anita, Y., Helsa, Y., Kenedi, A. K., & ... (2022). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Blended learning untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal …, 111–120.

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816

Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Ekonomi & Bisnis, 3(3), 940–944.

Kasanah, S. I., Manajemen, J., Fakultas, P., Pendidikan, I., & Negeri, U. (2003). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Desa Terpencil Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(12), 999–1012.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mukarromah, K. (2022). Analisis Perhatian Orang Tua Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1584–1597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2190

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf

Nasution, Nurliana. dkk. 2019. Buku Model Blended Learning. Riau: Unilak Press.

Noh, Y. (2017). A study on the effect of digital literacy on information use behavior. Journal of Librarianship and Information Science, 49(1), 26–56. https://doi.org/ 10.1177/0961000615624527

Putri, F. S. (2021). Aplikasi Multimedia dan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Literasi Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 22(2), 155–161.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.