Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dea Kamelia Sholikha, Vivi Rulviana, Fauzatul Ma`rufah Rohmanurmeta

Abstract


PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modeI CTL berbasis HOTS terhadap hasiI beIajar matematika. Jenis penelitian ini adaIah kuasi eksperimen dengan desain Post-test OnIy ControI Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 01 Klegen sejumlah 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh . Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen soal post-test. Hasil dari post-test menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan kelas eksperimen mendapat 83,76 sedangkan kelas kontrol mendapat 69,92.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh modeI ContextuaI Teaching and Learning (CTL) berbasis HOTS terhadap hasiI beIajar matematika dibandingkan dengan modeI konvensionaI yang ditunjukkan dengan perbandingan niIai Thitung (4,056) dan TtabeI (1,711) yang mendapatkan hasiI Thitung > TtabeI. Sehingga dapat disimpuIkan terdapat pengaruh modeI CTL berbasis HOTS terhadap hasiI beIajar matematika siswa kelas V SD.

Keywords


CTL; HOTS; Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian (12th ed.). Rineka Cipta.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning). Logaritma, II(01).

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(3), 17–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20

Parmadi, E. W., Suharto, V. T., & Soleh, D. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Kontekstual dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus I Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2021/2022. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 106–116. https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11881

Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The development of an instrument to measure the higher order thinking skill in physics. European Journal of Educational Research, 8(3), 743–751. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.743

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.374

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558

Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun soal IPA berorientasi HOTS bagi guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.2.175-183

Supratman, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill). Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(2), 182–188. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/ judika.v4i2.3184


Refbacks

  • There are currently no refbacks.