KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA MASALAH OPEN ENDED

Wulan Sri Rezeki, Fida Rahmantika Hadi, Diyan Marlina

Abstract


Kemampuan penalaran matematika merupakan hal yang penting dipembelajaran abad 21. Penalaran matematika diperlukan untuk menentukan sebuah argumen matematika benar atau salah dan dipakai untuk membangun suatu argumen matematika. Open ended problems (OEP) sering diartikan sebagai pembelajaran terbuka atau open ended learning (OEL), yaitu pembelajaran yang bertitik fokus pada skill-skill pemecahan masalah dalam konteks autentik juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun konsep dan mengeksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dalam penyelesaian masalah open ended siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dari beberapa siswa yang menjadi subjek kemampuan penalaran matematis siswa rendah karena kurangnya pemahaman masalah pada soal dan pada rumus mana yang digunakan untuk menyelesaikan soal

Keywords


Kemampuan penalaran matematis;masalah open ende;bangun datar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Khainingsih, F. G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Payadnya, I. P. A. A. (2019). Investigation of students’ mathematical reasoning ability in solving open-ended problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012016

Rudyanto, H. E., Hadi, F. R., Winanto, A., Novianto, A., Hawa, A. M., Sari, Y., Khoiriyah, I. S. A., & Santika, M. (2019). Open Ended Mathematical Problem Solving: An Analysis of Elementary Students’ Creative Thinking Abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012077


Refbacks

  • There are currently no refbacks.