Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA

Adelia Dwi Risnawati Risnawati, Ahmad Dani Yulianto, Apsari Wijayanti, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ gerak manusia dan hewan menggunakan media pembelajaran gambar pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Magelang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan disetiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3 Magelang yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan soal isian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman siswa terhadap organ gerak manusia dan hewan.  Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, data awal diperoleh hasil 20%, dari total siswa yang nilainya diatas kkm, lalu disini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus  I sebesar 40% dan meningkat mencapai 90% pada siklus II. Dengan kata lain siswa keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70. Hal tersebut berarti dapat meningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3.

Keywords


Media Gambar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2016). Jurnal eksakta volume 2 nomor 1, 2016. 2(2008), 34–40.

Anggraini. (2017). Media Gambar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Artikel Jurnal WIDODO. (n.d.).

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.

Ibrahim, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Syntax Idea, 3(4), 916. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i4.1172

Indonesia., & Nasional., D. P. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia.

Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 3(April), 312–320.

Maghfiroh, L., & Julianto. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(2), 1–11.

Milhah. (2022). Meningkatkan Keahlian Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Melalui Workshop Dan Supervisi Akademik Di Sd Negeri Delingseng. Wilangan, 3(1). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pendidikan, J. (2015). Penggunaan Media Gambar Kelas V Artikel Penelitian F . Lino Spiani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sulistiyowati, S., Setyawan, A., & ... (2020). Identifikasi Hasil Belajar IPA pada Materi Metamorfosis Kelas IV SDN Buluh 2. Prosiding …, 718–723. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1117

Suryatma, I. (2017). Pengembangan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Di Kelas X Jurusan Multimedia Smk Mandiri Pontianak. Universitas Tanjungpura.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.