Problem Solving Strategy: Model Penyelesaian Masalah Matematis dalam Kerangka Polya

Risma Febrian Yuanisya, Lingga Nico Pradana, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Pemecahan masalah matematis sangatlah penting bagi siswa untuk dipelajari dan dipahami yang nantinya dapat digunakan dalam memecahkan sebuah permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis model penyelesaian masalah matematis dalam kerangka teori Polya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.  Siswa yang dipilih untuk dijadikan subjek dalam penelitian ini diambil 2 subjek. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam proses pemecahan masalah, subjek telah menyelesaikan sesuai dengan tahapan dari Polya. Namun tidak semua indikator dalam pemecahan masalah tidak terlaksanakan.


Keywords


Pemecahan masalah; Masalah matematis;Polya

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Umar, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan langkah-Langka Polya Pada Siswa SMP N 1 Sipirok. 44–47.

Anthycamurty, R. C. C., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2018). Analysis of problem solving in terms of cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012146

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Fitri, N. D., Santoso, E., & Jatisuda, M. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Langkah Polya. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936

Galovich, S., & Schoenfeld, A. H. (1989). Mathematical Problem Solving. The American Mathematical Monthly, 96(1), 68. https://doi.org/10.2307/2323271

In’am, A. (2014). The implementation of the Polya method in solving Euclidean geometry problems. International Education Studies, 7(7), 149–158. https://doi.org/10.5539/ies.v7n7p149

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas Vii Smp. Prisma, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Lestanti, M. ., & Isnarto, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education., 5(1), 16–23.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matemaika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sage.

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Polya, G. (1973). How To Solve It; A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). Princeton University Press.

Rasmin, Sudia, M., & Kadir. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 85–95.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Umar, W. (2016). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Versi George Polya Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 59. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp59-70

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widodo, S. A., Darhim, D., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012004

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144


Refbacks

  • There are currently no refbacks.