Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 01 Klegen

Azizah Suwitaningtyas Azzahra, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Vivi Rulviana

Abstract


Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model RME terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas III SDN 01 Klegen. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent design control grup. Penelitian ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata dIbawah KKM. Sedangkan hasil pretest dan posttest kelas eksperimen mendapatkan rata –rata diatas KKM yaitu dengn minimal 70 dan hasil maksimal 100. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Paired Two Sample For Means atau T-Test dengan perolehan   t hitung (-7,508025684)  ≤ t tabel (2,006646805), maka H0 diterima dan H1 di tolak . Selanjutnya Kelas ekpserimen mendapatkan rata-rata. Berdasarkan data diatas nilai t hitung (8,157072188) ≥ t tabel (2,006646805), maka H0ditolak dan H1diterima. Hal tersebut ada hasil yang signifikan terhadap keefektifan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IIIB.

Keywords


RME, Pembelajaran Matematika Kelas III, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Mult Presindo.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014) Bungin,

Burhan.2012.Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Jakarta: Kencana Prenadamedia)

Baharuddin dan Esa Nur Wahyu. 2015. Teori belajar dan pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Heruman. 2010. Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Imas Kurniasih S.Pd &

Kellen, Roy. 1998. Effective Teaching Strategies- Lesson from Research and Practice. Second Edition. Australia: Social Science Perss. Komara, Endang.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall

Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena.

Ariyadi Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudjana Nana, 2010 .penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.