ANALISIS PENERAPAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS V SDN 1 KUNTI
Abstract
Pembelajaran melalui e-learning diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi digital dalam menciptakan kemandirian belajar siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas V SDN I Kunti, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Subyek penelitian adalah siswa kelas SDN I Kunti sebanyak
18 anak. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh adalah: Kemampuan literasi teknologi memiliki hubungan yang kuat dengan kemandirian belajar siswa. Literasi digital sangat diperlukan setiap individu dalam menghadapi perkembangan zaman. Literasi digital identik dengan pola pikir kritis dan kreatif. Pola pikir kreatif menunjukkan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian belajar merupakan suatu situasi dimana siswa bertanggung jawab penuh mengambil keputusan dan menerapkannya dalam pembelajaran. Membangun budaya literasi digital sangat memerlukan keterlibatan semua pihak. Keberhasilaan memmbangun liiterasi digital merupakan salah satu capaian indikator dalam dunia pendidikan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin. (2018). Pembelajaran Literasi ( Strategi Meningkatkan Keampuan Kiterasi Matematika,Sains,Membaca,dan menulis) (2 ed.). bumi aksara
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (33 ed.). PT Remaja Rosdakarya. Selfi, G. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid- 19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. 4(3), 212–218.
Syarkiyah, kiki. (2018). KOMPETENSI MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 8 PONTIANAK NIM F2191141022 PROGRAM STUDI S-2 PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.
Yusuf Strisno. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO. 12(02), 116–121.
Supriadi. 2013 Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Jaya Ilmu.
Horton, William & Horton, Katherine. 2018. E-Learning Tools And Technologies: A Consumer Guide For Trainers, Teachers, Educators, And Instructional Designers. USA : Wiley Publishing, Inc
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Indarto, Nurfian. 2017. Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas IV Di SDN Tlogomas 1 Malang. Skripsi. Unmuh Malang.
Romdhoni, A. (2017). Al-Qur'an dan Literacy. Linus.
Faizah, D. (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; Wiedarti, Pangesti & Laksono, ed.)
Hariyono. (2014) Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bangsa Literasi Digital. Jurnal
Universitas Riau
Mulyaningsih Indiarti Endang. (2018) Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 20 Nomor 4.
Nurwahyuni. (2017) Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Aisyah, P. N., Nuraini. N., Akbar , P., & Yuliani, A. (2018) Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confiedence Siswa SMP. Journal on Education, 1 (1), 58-65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.