ANALISIS PENERAPAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS V SDN 1 KUNTI

Sabdha Rizqi Islaminanta, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Dian Permatasari Kusuma Dayu

Abstract


Pembelajaran melalui e-learning diharapkan dapat  meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi digital dalam menciptakan kemandirian belajar siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas V SDN I Kunti, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Subyek penelitian adalah siswa kelas SDN I Kunti sebanyak

18  anak.  Jenis  penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Teknik  pengumpulan data  melalui observasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh adalah: Kemampuan literasi teknologi memiliki hubungan yang kuat dengan kemandirian belajar siswa. Literasi digital sangat diperlukan setiap individu dalam menghadapi perkembangan zaman. Literasi digital identik dengan pola pikir kritis dan kreatif. Pola pikir kreatif menunjukkan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian belajar merupakan suatu situasi dimana siswa bertanggung jawab penuh mengambil keputusan dan menerapkannya dalam pembelajaran. Membangun budaya literasi digital sangat memerlukan keterlibatan  semua  pihak.  Keberhasilaan memmbangun liiterasi  digital  merupakan  salah  satu capaian indikator dalam dunia pendidikan.

Keywords


Literasi Digital, E-Learning, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2018). Pembelajaran Literasi ( Strategi Meningkatkan Keampuan Kiterasi Matematika,Sains,Membaca,dan menulis) (2 ed.). bumi aksara

Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (33 ed.). PT Remaja Rosdakarya. Selfi, G. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid- 19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. 4(3), 212–218.

Syarkiyah, kiki. (2018). KOMPETENSI MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 8 PONTIANAK NIM F2191141022 PROGRAM STUDI S-2 PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.

Yusuf Strisno. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO. 12(02), 116–121.

Supriadi. 2013 Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Jaya Ilmu.

Horton, William & Horton, Katherine. 2018. E-Learning Tools And Technologies: A Consumer Guide For Trainers, Teachers, Educators, And Instructional Designers. USA : Wiley Publishing, Inc

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Indarto, Nurfian. 2017. Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas IV Di SDN Tlogomas 1 Malang. Skripsi. Unmuh Malang.

Romdhoni, A. (2017). Al-Qur'an dan Literacy. Linus.

Faizah, D. (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; Wiedarti, Pangesti & Laksono, ed.)

Hariyono. (2014) Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bangsa Literasi Digital. Jurnal

Universitas Riau

Mulyaningsih Indiarti Endang. (2018) Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 20 Nomor 4.

Nurwahyuni. (2017) Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Aisyah, P. N., Nuraini. N., Akbar , P., & Yuliani, A. (2018) Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confiedence Siswa SMP. Journal on Education, 1 (1), 58-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.