Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 04 Madiun Lor
Abstract
Selama ini pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar pada umumnya didasarkan pada behaviorisme, dengan penekanan pada pemberian dan pelatihan pengetahuan. Dalam proses transmisi pengetahuan, guru selalu menggunakan bahan ajar yang kurang, yang dapat menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa. Motivasi adalah segala sesuatu yang memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Kurangnya motivasi siswa untuk belajar menuntut guru untuk berkreasi dan berinovasi untuk menngkatkan motivasi belajar siswa. Dengan motivasi belajar yang sangat kuat terutama dari guru, siswa dapat lebih semangat dan bergairah belajar. Salah satu media yang menarik dan aplikatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah wayang. Wayang merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang mengandung pesan moral yang sangat baik untuk kehidupan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan semi empiris. Dalam penelitian ini ada kelompok yang akan mendapat perlakuan media dan ada kelompok yang tidak mendapat perlakuan atau tidak menggunakan media. Penggunaan media wayang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Tema 3 Ayo Cintai Lingkungan Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di SDN 04 Madiun Lor setelah dilakukan Uji-t hasilnya diperoleh nilai thitung -0,666. Sehingga pengujian hipotesisnya H0 ditolak dan H1 diterima karena -0,666 ≤ 2,045. Tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran wayang tergolong tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arwani, M., & Rifa Suci Wulandari. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wayang Beber Kreasi Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1688
Fransiska, M., Kesumawati, N., & Nurmilasari, N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengembangan E-Book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD. 4, 822.
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
One, O. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 210239.
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang (Vol. 0, Issue 0). CV. ALFABETA.
Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 7182. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525
Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 4152.
Sumpana, -, Sapriya, -, Malihah, E., & Kumalasari, K. (2019). Wayang Kulit As A Medium Learning Character. 303, 5358. https://doi.org/10.2991/icpeopleunnes-18.2019.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.