Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa diantaranya 25 siswa pada kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 25 siswa pada kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan Quasi Experimental dengan desain Posttest Only Control Group Desain. Instrumen yang digunakan yaitu RPP, kisi-kisi soal, dan soal tes, pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes berupa posttest yang diberikan pada akhir pertemuan. Berdasarkan hasil posttest kelas kontrol memperoleh nilai rerata 67,64 dan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rerata 80,00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Paired Two Sample For Means atau T-test dengan perolehan thitung (11,663) > ttabel (1,677), maka HO ditolak dan H1 diterima. Berarti penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas IV SD.
Keywords
References
Ekawati, F. E., Susanta, A. S., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II D SDN 69 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12299
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. 2(3).
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi-matematis- dalam-pembelajaran-matematika
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317
Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa Sekolah Dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) 253. 2(2), 253–266.
Rahmi, A., & Rahmi, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smk Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1333
Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192
Rora Rizky Wandini. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. CV. Widya Puspita.
Rosyid, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. 2(2), 84–89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.