Pengaruh model make a match berbantuan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas iv sekolah dasar

Oktaviana Dwi Ardianingtyas, Sri Budyartati, Nur Samsiyah

Abstract


Kurangnya siswa dalam memahami tentang operasi perkalian yaitu mereka tidak mengerti tentang konsep atau prinsip dasar dari perkalian itu sendiri, dengan adanya tabel perkalian yang mengakibatkan siswa terbiasa untuk melihat contekan tersebut, dan adanya alat hitung atau kalkulator membuat siswa menggantungkan alat tersebut daripada harus menghitung secara manual, serta minimnya strategi ataupun metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru pada saat penerapan konsep dasar perkalian sehingga membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan berbantuan metode jarimatika. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Untuk desain penelitian menggunakan Post test only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Ngumbul dan SDN 1 Wonodadi Wetan, Kabupaten Pacitan dengan subyek penelitian sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan untuk uji normalitas adalah uji liliefors  dan untuk uji homogenitas menggunakan uji-f. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > dari ttabel atau  55.718 > 2.093 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model make a match berbantuan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung siswa kelas IV sekolah dasar.

Keywords


Make A Match, Matematika, Jarimatika

Full Text:

PDF

References


Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education , 191-196.

Afrizal, A. S. (2015). Aplikasi pembelajaran matematika interaktif berbasis multimedia tingkat pendidikan sekolah dasar kelas 1 (satu). Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS) , 10-21.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan , 27-44.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. jurnal pendidikan dan ilmu pengetahuan alam , 1-10.

Rahmi, H. (2012). meningkatkan kemampuan pengoperasian perkalian melalui metode horizontal bagi anak tunarungu. Jurnal ilmiah pendidikan khusus , 112-125.

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Wahid, M. R. (2021). Analisis kemampuan siswa SD dalam menyelesaikan soal geometri asesmen kompetensi minimum. Jurnal Pendidikan Guru , 186-190.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Tiballa, M. D., Sudana, D. N., & Gading, I. K. (2017). Pengaruh model pembeleajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , 1-10.

Zamroni. (2016). Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran pada Tema Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Ngimbang. jurnal reforma , 69-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.