Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tema 5 Muatan IPA Kelas V SD 02 Mojorejo Kota Madiun

Almira Dini Khairina, Sri Budyartati, Nur Samsiyah

Abstract


Discovery learning adalah strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan observasi, eksperimen atau tindakan ilmiah sehingga mendapatkan hasil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukannya. Media audiovisual memainkan peran penting dalam proses pendidikan, terutama ketika digunakan oleh guru dan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tema 5 Muatan IPA Kelas V SD 02 Mojorejo Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Quasy Experimental (eksperimen semu). Bentuk quasi experimental yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu 84 siswa di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun yang terdiri dari tiga kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VC kelas eksperimen dan kelas VB kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah 56 siswa kelas V SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD, hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai t hitung = -2,760 < t tabel = 2,048 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Keywords


Model Dicvovery Learning berbantuan Media Audiovisual, Kemampuan Berpikir.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & ’atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Agustianasari Diah C. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang. Skripsi , 311.

Dede Salim Nahdi Fery Apriadi. (2015). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP. Jurnal Cakrawala Pendas, Volume I, No. 2 Juli 2015, 66-71.

Desi Natalia, et al. (2013). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal - Soal Ujian Nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 15.

Kristin F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 90-98.

Laia (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit , 1-16

Maulidya Anita . (2018). Berpikir dan Problem Solving . Media Neliti, 11-29.

Octavia A. Shilphy. (2020). Model - Model Pembelajaran. Deepublish: Sleman.

Purwono, d. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Paciran. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 127-144.

Rismawati, et al. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1-9.

Sukiman . (2017). Pengelolaan Media Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Banyuanyar I Surakarta . Tesis Universitas Muhammadiyah Surakarta , 1-138.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Suripah S & Sthephani A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasaekan Tingkat Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Matematika , 149 - 160.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.