Analisis Kreativitas Guru untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik di SDN 02 Pangongangan Madiun Pada Masa Pandemi

Desiana Candrasari, Cerianing Putri Pratiwi, Hartini Hartini

Abstract


Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran diwujudkan dalam merancang perencanaan pembelajaran menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi saat ini. Guru sebagai fasilitator memiliki tanggung jawab membuat keaktifan siswa saat melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini sebagai analisis kreativitas guru untuk meningkatkan keaktifan siswa SD Negeri 02 Pangongangan Kota Madiun pada pembelajaran tematik masa pandemi. Penentuan subjek diambil dari setengan jumlah siswa keseluruhan kelas IVB dengan jumlah 13 siswa dan 1 guru kelas IVB. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan  triangulasi teknik. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi guru telah melakukan kreativitas guru dalam meningkatkan keaktifan siswa, dengan demikian perlunya seorang guru melakukan kreativitas agar meningkatkan keaktifan siswa.

Keywords


Kreativitas guru; Keaktifan siswa; Tematik

Full Text:

PDF

References


Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35–46. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Bainus, A., & Rachman, J. B. (2020). Editorial: Pandemi Penyakit Menular (Covid-19) Hubungan Internasional. Intermestic: Journal of International Studies, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.24198/intermestic.v4n2.1

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Karyati, F. (2016). Pengaruh Kreavitas Guru Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.31602/alsh.v1i2.395

Khasanah, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Likhitaprajna, 18(2), 48–57. http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/ likhitapradnya/article/view/58

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://core.ac.uk/download/pdf/354379665.pdf

Mukhlis, M. (2012). Pembelajaran Tematik PEMBELAJARAN TEMATIK Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, 4(1), 63–76. https://doi.org/ 10.21093/fj.v4i1.279

Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1), 1–10. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/MDS/article/view/273/pdf

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2), 41–47. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2913/2434

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran melalui Daring dan Luring selama Pandemi Covid-19 di Sd Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech:Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2. 10621


Refbacks

  • There are currently no refbacks.