Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Matematika di SDN 01 Klegen

Tatang Ridho Nurgiyanto, Vivi Rulviana, Fauzatul Ma`rufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, yaitu dengan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam membekali kemampuan numerasi siswa menyelesaikan soal AKM matematika di SDN 01 Klegen. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas 5 dan siswanya yang berjumlah 29 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dalam proses perencanaan membekali kemampuan numerasi dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pemilihan permasalahan yang dijadikan materi pembelajaran dan mempersiapkan latihan soal AKM matematika. Pelaksanaan membekali kemampuan numerasi dengan guru mengolah pembelajaran sepertihalnya dengan mengenalkan secara langsung suatu permasalahan yang ada disekitar siswa, menggunakan media yang nyata untuk mengenalkan sebuah materi dan dilaksanakannya pembelajaran yang aktif yang berupa tanya jawab tentang suatu permasalahan, guru juga menyisipkan soal-soal yang berbasis AKM numerasi dilembar kerja siswa ataupun dengan memberikannya secara langsung seperti tanya jawab dan diskusi agar siswanya terlatih. Evaluasi dilaksanakan oleh guru dalam membekali kemampuan numerasi agar mengetahui ketercapaian siswa .

Keywords


Kemampuan numerasi, Assesmen kompetensi minimum (AKM), Matematika

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247.

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). ELSE (Elementary School Education Journal) LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Indah Nur, Mania Sitti, & Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58.

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty in Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17–30.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62.

Rosnawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Naional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 507–512.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.