Analisis Bahan Ajar E-Book Berbasis Project Based Learning dalam Menguatkan Literasi Sains Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Retno Martalia, Pinkan Amita Tri Prasasti, Naniek Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar berupa E-Book berbasis PBL (Project Based Learning) untuk menguatkan literasi sains pada kelas VI SDN Pilangbango Kota Madiun sebagai salah satu media pembelajaran yang mudah di gunakan. Penelitan ini menggunkan penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) analisis  bahan ajar berupa E-Book berbasis PBL (Project Based Learning) dalam menguatkan literasi sains tergolong efektif sesuai karakter materi dan gaya belajar peserta didik menggunakan digital.


Keywords


E-book; Project Based Learning; Literasi sains

Full Text:

PDF

References


Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2018). Copyright © 2018 JSEP https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep. 2, 27–43.

Iis Solekhah, S. E. H. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sd. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.

Nata, I. G. H., & Sujana, I. W. (2020). Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 91–98.

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2019). Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy. Prosiding Seminar Nasional Hasil …, 228–233.

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ Prosidingpps/article/view/2750/2550

Sugiyono. (2015). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Waryanto, N. H., SHM, B., H, K., Emut, & Insani, N. (2017). Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik Interaktif Training of Interactive Electronic Book. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(1), 33–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.