Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Ular Tangga Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika

Vira Febrianti, Raras Setyo Retno, Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
inkuiri terbimbing berbantuan media ular tangga pecahan terhadap hasil belajar peserta didik
dalam mata pelajaran matematika MIN 5 Magetan. Metode penelitian yang berjenis kuantitatif.
Dengan menggunakan desain penelitian yaitu true experimental sehingga desain ini menggunakan
konsep posttest only control design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 48 peserta didik dari
Min 5 Magetan. Teknik pengambilam sampel yaitu sampling jenuh dimana seluruh anggota
populasinya dijadikan sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini 48 siswa terdiri dari 24 siswa
kelas A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan
data menggunakan test dan dokumentasi. Hasil analisi data menunjukkan perbedaan pada kelas
eksperimen sebanyak 24 peserta didik dengan rata rata 88,33. Sedangkan kelas kontrol sebanyak
24 peserta didik dengan rata rata 71,04. Hasil uji hipotesis diketahui Ttabel 0,404 dengan
signifikasi 5%0,05. Thitung 9,761> (Ttabel ) 0,404. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan
adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media ular tangga pecahan
terhadap hasil belajar peserta didik

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Matematika, Ular Tangga Pecahan, Hasil Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 2013–2015. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-

M1.pdf

Amatullah, S. F., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Berbantukan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu Stem

Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 15.

https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1341

Astuti, F., & Nuhammad Awin Alaby. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan

Kognitif melalui Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional ..., 1–10.

http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131

Atmoko, Sigit WidhiFajar Cahyadi, D. I. L. (2017). Pengembangan Media Utama (

Ular Tangga Matematika ) dalam Pemecahan. 4, 119–128.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1),

–595.

Dewi, C. (2018). Penggunaan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bahastra,

(1), 8. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i1.8174

Dewi, C., Astuti, B., & Nugroho, S. E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Bahan Ajar Fisika Berbasis

Pendekatan Saintifik. Unnes Physics Education Journal, 7(2), 22–28.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan

Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 215.

https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2141

Ikhsan, M., Sutarno, & Prayitno, B. A. (2016). Materi Sistem Gerak Manusia Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Wera. Jurnal Inkuiri,

(1), 133–142.

Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan

Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21.

https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Keterampilan, S., Sains, P., Deta, U. A., & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri

Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap

Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28–34.

https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Mahmudah, M. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil

Belajar Matematika di SD Plus Fatimah Az-Zahro. Madrosatuna: Journal of Islamic

Elementary School, 2(2), 63–67. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1971

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan

hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, E. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri

Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pengaruh Metode

Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pendidikan

Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Email : SitiNurhidayati84@yahoo. January.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian

Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Pratiwi, K. F., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2019). Pengaruh Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2337–2348.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self

Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran

Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media

Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring.

Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital

Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah

Dasar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105929

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Implementasi Komik Digital

Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter. Prosiding Seminar Nasional ...,

–505. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/879

Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran

Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian

Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128

Setiowati, H., S, A. N. C., & Es, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing ( Guided Inquiry ) Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan

Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi

Mia Sma Negeri 1 Banyudono. 4(4), 54–60.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran

matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sumarni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap

Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok

Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.

https://ojs.unm.ac.id

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman

Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas

VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.133


Refbacks

  • There are currently no refbacks.