Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Ular Tangga Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
inkuiri terbimbing berbantuan media ular tangga pecahan terhadap hasil belajar peserta didik
dalam mata pelajaran matematika MIN 5 Magetan. Metode penelitian yang berjenis kuantitatif.
Dengan menggunakan desain penelitian yaitu true experimental sehingga desain ini menggunakan
konsep posttest only control design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 48 peserta didik dari
Min 5 Magetan. Teknik pengambilam sampel yaitu sampling jenuh dimana seluruh anggota
populasinya dijadikan sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini 48 siswa terdiri dari 24 siswa
kelas A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan
data menggunakan test dan dokumentasi. Hasil analisi data menunjukkan perbedaan pada kelas
eksperimen sebanyak 24 peserta didik dengan rata rata 88,33. Sedangkan kelas kontrol sebanyak
24 peserta didik dengan rata rata 71,04. Hasil uji hipotesis diketahui Ttabel 0,404 dengan
signifikasi 5%0,05. Thitung 9,761> (Ttabel ) 0,404. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan
adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media ular tangga pecahan
terhadap hasil belajar peserta didik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abarca, R. M. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 2013–2015. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-
M1.pdf
Amatullah, S. F., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Berbantukan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu Stem
Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 15.
https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1341
Astuti, F., & Nuhammad Awin Alaby. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan
Kognitif melalui Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional ..., 1–10.
http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131
Atmoko, Sigit WidhiFajar Cahyadi, D. I. L. (2017). Pengembangan Media Utama (
Ular Tangga Matematika ) dalam Pemecahan. 4, 119–128.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1),
–595.
Dewi, C. (2018). Penggunaan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bahastra,
(1), 8. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i1.8174
Dewi, C., Astuti, B., & Nugroho, S. E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Bahan Ajar Fisika Berbasis
Pendekatan Saintifik. Unnes Physics Education Journal, 7(2), 22–28.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan
Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 215.
https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2141
Ikhsan, M., Sutarno, & Prayitno, B. A. (2016). Materi Sistem Gerak Manusia Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Wera. Jurnal Inkuiri,
(1), 133–142.
Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan
Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21.
https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Keterampilan, S., Sains, P., Deta, U. A., & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri
Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap
Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28–34.
https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577
Mahmudah, M. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil
Belajar Matematika di SD Plus Fatimah Az-Zahro. Madrosatuna: Journal of Islamic
Elementary School, 2(2), 63–67. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1971
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan
hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, E. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri
Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pengaruh Metode
Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pendidikan
Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Email : SitiNurhidayati84@yahoo. January.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian
Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113
Pratiwi, K. F., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2337–2348.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self
Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.
Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran
Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media
Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring.
Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57.
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital
Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah
Dasar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105929
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Implementasi Komik Digital
Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter. Prosiding Seminar Nasional ...,
–505. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/879
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran
Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian
Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Setiowati, H., S, A. N. C., & Es, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing ( Guided Inquiry ) Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan
Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi
Mia Sma Negeri 1 Banyudono. 4(4), 54–60.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran
matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sumarni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap
Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok
Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
https://ojs.unm.ac.id
Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas
VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.133
Refbacks
- There are currently no refbacks.