Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Di Kelas V

Ofika Putri Kinanti, Salsabila Fauziyah, Madani Eko Bimantoro, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
terpadu menggunakan model kooperatif tipeThink Pair and Share(TPS) pada siswa kelas V yang
berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Wonokerso. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode PTK dengan dua siklus. Siklus yang
pertama dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 Juni 2022, kemudian siklus yang kedua dilaksanakan pada
hari Sabtu, 25 Juni 2022. Hasil belajar siswa siklus I terdapat 5 siswa yang nilaianya masih dibawah
rata-rata. Kemudian terdapat 5 siswa yang sudah diatas rata-rata dengan rata-rata keseluruhan siswa
siklus I yaitu 67,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,6%.

Keywords


Hasil Belajar, Think Pair and Share, model

Full Text:

PDF

References


Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice

Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498.

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253

M.Mukhlis. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV(14), 66.

Mohamad, S. da. (2016). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Pengembangan

Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. , 1999(December), 1–6.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah,

(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pingge, H. D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah

Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 134.

https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6458.

Priyono, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair

Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. SOCIAL : Jurnal Inovasi

Pendidikan IPS, 1(3), 219–227. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.966

Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran

Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa.

International Journal of Elementary Education, 1(4), 307.

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.

https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33.

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2018). Kurikulum 2013. Journal of Physics A:

Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–15. https://doi.org/10.1088/1751-

/44/8/085201.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Jogjakarta: Ar RuzzMedia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai

Pengembangan ProfesiGuru. Jakarta : Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan

Profesionalisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers. Press.

Wardhani, IGAK & Kuswaya Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.

Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.