Peran tapak suci dalam menguatkan karakter disiplin
Abstract
dalam semua jenjang pendidikan. Terdapat berbagai problematika yang menjadi pengaruh dalam
proses penerapan karakter disiplin di dalam kelas. Untuk menyelesaikan problematika tersebut,
dibutuhkan upaya yang dapat menguatkan karakter disiplin, salah satunya yaitu melalui kegiatan
ekstrakurikuler. Kegiatanekstrakurikuler yangdapat mendukung dalam penguatan karakter
disiplin yaitu kegiatan ekstrakurikuler tapak suci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih
lanjut mengenai peningkatan karakter kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler
tapak suci. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas lima yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah, yaitu
BDP, DKR, KLR, MFA, RAG, dan VNC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter
disiplin peserta didik dari siklus pertama hingga kedua. Pada siklus pertama mendapat hasil
persentase sebesar 74,8 %, sedangkan pada siklus kedua mendapat persentase sebesar 83,5 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dapat menguatkan
serta meningkatkan karakter kedisiplinan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan
Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2),
–196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward
And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha,
(3), 221–229.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19393/11464
Arma. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Tata Tertib dalam Membentuk Perilaku
Sosial Siswa di SMA Muhammadiyah Sungguminasa. Skripsi.
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7044-Full_Text.pdf
Hasan, M., Fahmi, A. I., Siregar, N., Musyadad, V. F., Sakiman, Subakti, H., &
Walukow, D. S. (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Yayasan Kita Menulis.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=BEpTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1
&dq=pentingnya+peran+disiplin+dalam+semua+aspek+lingkungan+belajar&ots=oT
vhq1eHw3&sig=GlYE4Hsn52cuwHGBb9PbuBbYsYw&redir_esc=y#v=onepage&q&f
=false
Kartika. (2017). Perilaku Menyimpang di Kalangan Siswa (Studi di Sekolah Dasar
Negeri 31 Sepakat II Kecamatan Pontianak Tenggara). Sosiologique, 5(1), 1–15.
http://jurmafis.untan.ac.id
Marini, A. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. PT Pustaka Mandiri.
Naim, N. (2012). Character Building. Ar-Ruzz Media.
Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler. Insan Madani.
Rivai, A. A., Dayakisni, T., & Saraswati, P. (2018). Hubungan Persepsi Siswa tentang
Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Sikap Disiplin Siswa di MTsN 3
Banjarmasin. PSIKOVIDYA, 22(1), 18–43.
https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/download/
/82.
Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2017). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis
Agama & Budaya Bangsa). CV Pustaka Setia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.