Peningkatan hasil belajar tematik melalui penerapan metode outdoor learning dengan pemanfaatan lingkungan sekitar

Dinda Yunita Ayu Priyamitasari, Nur Syamsiah, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode outoor learning dengan pemanfaatan lingkungan sekitar pada Siswa kelas IV sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN  Mojopurno Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Penelitian  ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SDN Mojopurno Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode outdoor learning dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketetapan indikator kinerja 100% dengan kondisi awal presentase ketuntasan klasikal 38% mengalami peningkatan 69% pada siklus I dan dinyatakan belum optimal, maka dilakukan perbaikan pada siklus II dengan hasil pencapaian ketuntasan klasikal 100%. Sehingga melalui penerapan metode outdoor learning dengan pemanfaatan lingkungan sekitar untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran dapat dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV.


Keywords


Hasil Belajar; Outdoor Learning; Pemanfaatan Lingkungan; Siswa SD.

Full Text:

PDF

References


Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15482

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Melani, S. R. (2020). Meningkatkan hasil belajar tema 8 melalui metode outdoor learning terhadap peserta didik kelas IV SDN 01 Ngrayun. Universitas PGRI Madiun.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf

Nugraha, R. S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2017). Desain Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7495

Rasmilah, I. (2016). Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 85–91. https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3312

Rosyid, M. zaiful, Rofiqi, & Yumnah, S. (2019). outdoor learning (belajar di luar kelas). literasi nusantara.

Susanti, N. D. (2013). Dengan tema lingkungan untuk meningkatkan hasil. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Uno, hamzah b., & Mohamad, N. (2019). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. bumi aksara.

Wara, H., Pargito, & Sudarmi. (2015). Penerapan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Penelitian Geografi (Jpg), 3(6), 106–119. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/issue/view/533.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.