Implementasi model picture and picture berbantuan aplikasi camtasia pada pembelajaran tematik di sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model picture and picture berbantuan aplikasi camtasia di kelas III SDN Patalan 1 dan hambatan model picture and picture berbantuan aplikasi camtasia di kelas III SDN Patalan 1. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Patalan 1 dengan jumlah siswa 23 . Instrumen pengumpulan data diperoleh dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan model picture and picture berbantuan aplikasi Camtasia. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model picture and picture dengan bantuan aplikasi Camtasia adalah keterbatasan alat-alat pendukung dan kondisi kelas yang kurang kondusif. Dengan demikian, penelitian ini mengungkapkan pelaksanaan implementasi model picture and picture berbantuan aplikasi camtasia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, L. D. S., Pratiwi, N. P. A., & Tantri, A. A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis TIK untuk Sekolah Dasar. Undiksha: Unpublished Reseach Report.
Aripin b.C. (2009). Step By Sterp Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio (A. b.C (ed.); 1st ed., Vol. 1).
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repositori Riset Kesehatan Nasional.
Dianti, K. & S. (2020). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4).
Harahap, R. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Melalui Model Picture and Picture Siswa Kelas V Sd Negeri 200404 Pintu Langit. Jurnal ESTUPRO, 5(2), 13–22.
Herman, & Supriatna, I. (2021). Jurnal PGSD. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.
J, B, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. 33–42.
Ngalimun, Fauzani, M., & Salabi, A. (2015). Strategi Dan Model Pembelajaran (I). Aswaja Pressindo.
Pratiwi, D. N., Siswantoro, & Sudirman, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dan Konsentrasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. 15(2), 1–23.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886
Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengmbangkan Profesionalisme Guru Abad 21. In PT RajaGrafindo Persada. Alfabeta.
Saetban, A. A. (2021). Faktor Penghambat Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pendemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 58–66. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.951
Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya (5th ed.). Rineka Cipta.
Trispiyanti, D., Prasetiyawati, D., & Widyaningrum, A. (2018). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGMULYO 02 KOTA SEMARANG. 211–218.
Wahyuni, L. G. E., & Tantri, A. A. S. (2020). English Learning Media for EFL Elementary Learners. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 394(Icirad 2019).
Refbacks
- There are currently no refbacks.