Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe example non example terhadap berpikir kritis siswa SD

Anis Rahmawati, Endang Sri Maruti, Sri Budyartati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe example non example terhadap berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Untuk design penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas V, untuk menjadi sampel yaitu kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran data, dan uji daya beda. Uji validitas menggunakan korelasi product moments dengan taraf signifikan 5%, uji reliabilitas menggunakan Alpha dengan taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan temuan dan penaganalisisan data yang selesai dilakukan, disimpulkan bahwa  model pembelajaran terpengaruh kooperatif learning tipe example non example terhadap berpikir kritis siswa kelas V SDN 02 Mojorejo Tahun Ajaran 2021/2022. Perihal ini dinyatakan dengan nilai thitung = 7,736. Hasil perhitungan tersebut kemudian diperoleh dengan menggunakan ttabel = 1,70562 pada taraf signifikansi 0,00 dan df = 26, thitung > ttabel (7,736 > 1,70562), jika nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (kedua belah pihak) 0,000 < 0,05 Maka ditampilkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Keywords


Pengaruh; Model Example Non Example; Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan stem (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Pokok bahasan persamaan kudrat ( penelitian pada siswa kelas x smk muhammadiyah 1 sragen tahun pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Ginting, S. J. B. (2020). Pengembangan modul ppkn menggunakan model example non example untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Umsu, 1, 7–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Kaharrudin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif - Google Books. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Inovatif_Variatif/1_0KEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+inovatif+%26+variatif+pedoman+untuk+penelitian+PTK+dan+Eksperimen&pg=PR5&printsec=frontcover

Kartikasari, I., Nugroho, A., & Muslim, A. H. (2021). Penerapan model pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iv sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 44–56. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/10124

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Kita.

Rangkuti, I., Tarugan, A. D. U, B., & Siregar, A. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa antara model picturen and picture dengan model example non example di kelas v sd negeri 066047 medan t . A 2018 / 2019. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(1), 66–72. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i1.24828

Saraswati, S. A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran tematik dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada kelas v sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 173–181. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1563

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital - Google Books. Yogyakarta: PT Kanisius. https://www.google.co.id/books/edition/Berpikir_Kritis/5vr6DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kritis+kecakapan+hidup+di+era+digital&printsec=frontcover

Ulva, E. (2018). Profil kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp negeri pada materi sistem persamaan linier dua variabel (spldv). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 944–952. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.