Pengembangan media muvizu untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN Pilangbango

Taufiq Qurrohman, Naniek Kusumawati, Raras Setyo Retno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi 3D berbasis Muvizu pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang balok dalam bentuk video serta mengetahui hasil belajar dan respons siswa. Media animasi 3D berbantukan aplikasi Muvizu yang menarik dapat memotivasi siswa dalam mengikuti dan memahami pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan proses pengembangan menggunakan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Development, & Dissaminate). Kelayakan produk diukur melalui penilaian validasi oleh para ahli bahasa, materi, media, penilaian angket respon siswa dan angket respon guru. Tingkat kevalidan media renderforest dalam pembelajaran IPA berdasarkan hasil penelitian dari ketiga ahli yaitu Ahli materi sebesar 84,00%, ahli media sebesar 80,00%, ahli bahasa sebesar 86.00% hasil gabungan dari para ahli validasi mencapai persentase 85,5% dengan kategori “sangat layak” tingkat kelayakan media renderforest dalam pembelajaran IPA penilaian angkat respon siswa mendapatkan persentase 90,87% dengan kategori “sangat layak” penilaian angkat respon guru mencapai persentase 90,00% dengan kategori “sangat layak”.

Keywords


Aplikasi Muvizu; Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, B. (2017). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. UNIVERSITAS JEMBER.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Muttaqiin, M. K., & Subiyanto. (2019). PENDIDIKAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA TENGAHMENGGUNAKAN ANIMASI 3 DIMENSI BERBASIS MUVIZU. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 11(2).

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378.

Suryani, A. W. (2020). Journal of Accounting and Business Education. Journal of Accounting and Business Education, 5(September), 38–53.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembanagn Media Video animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER, 1-15.

Zurtina. (2017). peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA di elas IV min 10 bandar lampung. Skripsi, 1–187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.