Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif learning type jigsaw pada siswa kelas IV

Meylia Hindarwati, Didik Setiyanto, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri Jurangombo 4 Kota Magelang dengan populasi 11 siswa dimana sampel diambil dari seluruh siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan siklus yang berupa perencanaan, pelaksanaan, dan observasi yang diakhiri dengan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar tes dan lembar observasi, mata pelajaran yang digunakan yaitu Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi nilai nilai Pancasila. Dengan hasil bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai dengan survei rata-rata siswa pada saat pra siklus yaitu 71. Kemudian pada siklus I yaitu 75,9 dan siklus II terjadi peningkatan menjadi 85. Dengan peningkatan presentase ketuntasan mulai dari pra siklus yaitu 54,5%, selanjutnya naik kembali pada siklus I menjadi 63,6% dan naik kembali pada siklus II yaitu 83%.

Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Jigsaw.

Full Text:

PDF

References


Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120.

Juwahir, J., & Subagyo, S. (2018). Penerapan Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Taman Vokasi, 6(1), 46. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2832

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102. http://media.neliti.com

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. 03, 42–46.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. 1(1), 128–135.

Penelinan, M., & Ketas, T. (2005). tidak akan. 0.

Septiannjari, D. E. W. (2019). Implementasi Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V Di Sd Negeri Jatimalang. 1–11.

Sofyan, M. A., & Indrawati, L. (n.d.). Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. 57, 249–262.

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, J. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Dharma, U. S. (2012). Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Perjuangan Para Tokoh Menuju Kemerdekaan Pada Siswa Kelas Va Sd Negeri Adisucipto 1 Tahun Ajaran 2011 / 2012.

Wafa, A., Timur, J., & Belajar, S. (2017). PAMEKASAN. 237–253.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.