Pengaruh model meaningful instructional design terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas 4 SD aisyiyah 1 Kabupaten Nganjuk
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat diperlukan untuk mengungkapkan gagasan, pikiran dan perasaan, terutama melalui karya fiksi maupun nonfiksi. Menulis puisi merupakan aspek yang harus dikuasai siswa dalam pembelajarannya yang menekankan pada kemampuannya untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya sastra yang kreatif dan dapat melibatkan pikiran, hati dan jiwa pembaca. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada kemampuan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas 4 SD Aisyiyah 1 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa pada kelas B sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas A sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan Quasi Eksperimental dengan desain Posttest Only with Non Equivalent Control Design. Instrumen yang digunakan adalah Silabus, RPP, Kisi-kisi Soal, Angket dan soal menulis puisi. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes berupa posttest yang diberikan pada akhir pertemuan. Berdasarkan hasil posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 62,6 dan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 75,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Paired Two Sample For Means atau T-test dengan perolehan t hitung (8,221) > t tabel (1,710), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berimplikasi pada pengaruh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Jurnal Umum Jember, Vol.1(No.1), 82–90. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/75/55
Hastiningrum, D., & Dwidayati, N. K. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan Pendekatan SAVI. PRISMA, Prosiding Seminar …, 4, 150–159. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44937
Maharani, M. P., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Peningkatan proses dan hasil belajar muatan matematika tema 8 subtema 1 melalui model Meaningful Instructional Design (MID) siswa kelas 2 SD Negeri Mangunsari 01 semester II tahun pelajaran 2017/2018. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 88–99. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.86
Manurung, R. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN. 1(2), 1–13.
Purnama, R., & Fadli, V. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 15–18.
Sekarini, I. G. ., Suparta, I. ., & Astawa, I. W. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mid (Meaningful Instructional Design) Berorientasimind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii-C Smp Negeri 4 Seririt. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 86–94. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2821
Sritresna, T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 38–47. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_5/202
Ristinawati, E. (2020). Pengaruh Model Meaningful Instructional Design ( MID ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Animalia Influence of The Meaningful Instructional Design ( MID ) Model on Students ’ Learning Outcomes in Animalia Material. Metaedukasi, 2(1), 1–6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.