Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token arends berbantu media audiovisual terhadap keterampilan berbicara siswa SD
Abstract
Pembelajaran berlangsung mengunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran banyak didominasi oleh guru, mengakibatkan siswa kurang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, keterampilan berbicara siswa berkembang kurang baik. Media pembelajaran kurang efektif, siswa cenderung tidak memperhatikan guru dan hanya beberapa siswa saja yang aktif. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, mewajibkan guru memperbaiki model pembelajaran dan media. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends berbantu media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token arends terhadap keterampilan berbicara siswa SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penggunaan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest design. Subyel dari penelitian ini siswa kelas IV SDN Milangasri 3 Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan tes. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan uji instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh thitung=3.017, ttabel = 2.037. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe time token arends berbantu media audiovisual efektif terhadap keterampilan berbicara siswa SDN Milangasri 3.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mushawwir, M., & Umar, F. (2014). Studi Tentang Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Apersepsi Pada Pembelajaran PPKN Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Selayar. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 1(2), 124–137.
Al Rifqi, I., Heldayani, E., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 16 Indralaya Utara. Jurnal Guru Kita, 6(2), 13–18.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/
Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53–74. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Elementary Education Journal) ISSN (Online, 2(2), 49–63.
Lestari, S., Pulungan, M., & Soetopo, S. (2018). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 245 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(1), 9–15.
Madaniya Putri, N., & Suprayitno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Tema Indahnya Keragaman di Negeriku SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. 06(11), 2022–2032.
Muslim, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas III SD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–63.
Nur Pranayoga, B. (2013). Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mata Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. 1, 2–146.
Sabilarrosyad, M. A. (2018). Efektifitas Belajar Kelompok dalam Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro. 7(2), 1–82.
Yenidar. (2017). Penggunaan Metode Tipe Token Arends Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 015 Sungai Rukam. Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6, 430–440.
Refbacks
- There are currently no refbacks.