Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA

Dinar Damayanti Saefullah Putri, Kun Hisnan Hajron, Neni Imaniar, Salma Sabilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran IPA menggunakan media gambar untuk Kelas V MI Muhammadiyah Sedayu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan bantuan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V yang berjumlah 11 siswa, terdiri dari 4 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang proses Perubahan Sifat Benda masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Dari 11 siswa sampel, hanya 4 siswa yang lulus Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) yaitu 70. Berdasarkan persentase hasil data ditemukan sebagai berikut: pada proses Pra-siklus hanya 4 siswa yang tuntas dengan nilai 36,4% dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 63,6%. Kemudian pada proses Siklus I terjadi peningkatan hasil belajar yaitu 7 siswa lulus dengan persentase 63,6% dan 4 siswa yang belum tuntas dengan persentase 36,4%. Setelah itu proses Siklus II bertambah sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan hampir 100% yaitu 81,8% dan ada 2 siswa yang belum tuntas dengan persentase 18,2%.

Keywords


Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Media Gambar.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahid. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article 2.

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Elpis, E. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 010 Jaya Mukti. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 610-622.

Hasan, AA (2019). Model Pembelajaran CTL Berbasis IT untuk Menguasai Mufradat Bahasa Arab. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal).

Inri Novita Dwianti, R. R. J. (2021). Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa.

Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. 3, 9.

Magdalena, I., Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 09 Kamal Pagi. 3, 13.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. 3, 14.

Mansur, R. (t.t.). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. 14.

Mz, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. 10.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. 03(2), 20.

Pingge, H. D., Wangid, M. N., & Weetebula, S. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. 2(1), 22.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 20–30.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109.

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Yulianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2016). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.