Pengembangan macromedia flash pada pembelajaran tematik berbasis budaya lokal madiun untuk kelas II sekolah dasar

Kuswindi Noviarini, Suyanti Suyanti, Heny Kusuma Widyanigrum

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi macromedia flash berbasis budaya lokal madiun yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik kelas II sekola dasar tema 3 Tugasku Sehari-hari. Dengan adanya media pembelajaran ini dapat membuat peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran dikelas, membantu peserta didik memahami pelajaran dengan mudah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) medel ADDIE. Dalam model ini terdapat lima tahapan yang akan dilakuakan yaitu: 1) analysis, (analisis), 2) design (desain), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), dan 5) evaluation (evaluasi). Alasan pemilihan model ini dalam pengembangan karena model ADDIE lebih urut danjelas. Validasi kelayakan dilakukan dengan ahli materi, dua ahli media, dan dua angket respon guru. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan lima puluh tiga peserta didik di SDN 04 Madiun Lor. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa media interaktif menggunakan Macromedia Flash berbasis budaya lokal madiun layak digunakan dalam pembelajaran Tema 3 subtema 3 pembelajaran ke-4 kelas 2 sekolah dasar dengan pesentase kevalidan 81,33% dari ahli media, kevalidan 89,33% dari ahli materi dan hasil respon dari guru layak. Berdasarkan hasil uji coba lapangan yang dilakukan kepada peserta didik, dan berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh pendidik, pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi macromedia flash pada pembelajaran tematik kelas II Sekolah Dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Macromedia Flash; Pembelajaran Tematik; Budaya Lokal Madiun.

Full Text:

PDF

References


Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. 6(1), 499–505.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57

Hutomo, B. P. M., & Samsudi. (2015). Dasar Memelihara Transmisi Otomatis Dan Komponennya Untuk ( the Application of Macromedia Flash Based Interactive Media on the Basic Competence of Maintain Automatic Transmission and Components To Improve Learning Outcomes ). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 78–81.

Nursobah, S., Sultan, U. I. N., & Hasanuddin, M. (2022). PENDEKATAN BUDAYA LOKAL BANTEN PADA SUB TEMA TUMBUHAN SAHABATKU Development Of the Thematic Learning Module Approach to Banten Local Culture in The Sub-Theme Of Tumbuhan Sahabatku. 14(01), 79–88.

Rahayu, T., Suyata, P., & Sulistiyono, R. (2017). Macromedia Flash Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasisbahasa Lokal Untuk. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 282–291.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Supriyanto, D. (2018). Variasi Model Pembelajaran Guru MI pada di MI Miftahul Ulum Rowogempol Lekok Pasuruan. 5(September), 247–254.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344


Refbacks

  • There are currently no refbacks.