Saintifik CIRC Model: Keefektivannya Dalam Keterampilan Membaca Siswa

Namira Tsalsabilla Syaharani, Lingga Nico Pradana, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Keterampilan membaca merupakan sebuah kegiatan dalam memahami suatu bacaan untuk dapat mengambilan keputusan  dalam menemukan ide pokok atau gagasan pokok. Tujuan penelitian ini adalah penelitian ini membandingkan tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC-S dengan pendekatan Saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya yaitu melibatkan siswa kelas IV SD di SDN 02 Manisrejo yaitu dengan melibatkan 50 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan tes secara tertulis yang dilakukan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara model pembelajaran CIRC-S dengan kemampuan pemahaman dalam keterampilan membaca siswa dapat membantu siswa dalam mengefektifkan kegiatan keterampilan membaca dengan perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa nilai rerata kelas eksperimen 71,282. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata mencapai 57,777.  Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah efektifnya penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composistion dengan Pendekatan Saintifik pada pemahaman keterampilan membaca siswa kelas IV di SDN 02 Manisrejo.


Keywords


CIRS-S; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Membaca.

Full Text:

PDF

References


Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode CIRC pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. 16(30), 173–182.

Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42.

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539

Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., & Widodo, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNHP)-VII Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kadir, A., & Hanun, A. (2015). Pembelajaran Tematik. In PT RajaGrafindo Persada.

Karim, M. F., & Fathoni., A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena.

Khusniyah, N. L., & Lustyantie, N. (2017). Improving English Reading Comprehension Ability through Survey, Questions, Read, Record, Recite, Review Strategy (SQ4R). English Language Teaching, 10(12), 202. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p202

Liani Niliawati, Ruswandi Hermawan, A. R. R. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Murtiningrum, W., & Mei Fita Asri Untari, A. N. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(01), 67. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2491

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.

Oktafiani, W., Irdamurni, & Damri. (2018). Effectivieness Of Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Learning Model To Increase Ability Reading Understanding of Disleksia Children. Journal of Education Scienties, 2(1), 17–22. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES

Permatasari, E. A. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Rhosalia, L. A. (2017a). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 112–121. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112

Sehati Kaban, T. L. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Trabalho de Conclusão de Curso, 1(9), 1–10.

Sehati Kaban, T. L. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Trabalho de Conclusão de Curso, 1(9), 1–10.

Simbolon, N., & Khoiri, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compostion) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 1(1), 56–66. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/87/102

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Utami, Gusti Ayu Istya, I. Ketut, Dibia, P. A. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Talking Stick Terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 4(01), 64–72.

Warsini, K. D., Ketut, I., Putra, A., Rini Kristiantari, M. G., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Assesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca) dan Sikap Spiritual Siswa Kelas IV SD pada Tema Cita-Citaku. In Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Issue 1).

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Yahya Othman. (2005). Trend dalam pengajaran Bahasa Melayu. Bentong: PTS Publications & Distributors Sdn. Bhd

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.