Faktor penghambat kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS

Amaliah Fatimatunisa, Fida Rahmantika Hadi, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor penghambat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan study kasus. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Taman, Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa dari 28 siswa yang diambil dari kelas IV A, yaitu 2 siswa dari kategori kemampuan berpikir kritis sedang, 2 siswa dengan kategori berpikir kritis rendah, dan 2 siswa dengan kategori berpikir kritis  tinggi. Pengambilan subjek berdasarkan hasil tes yang diberikan guru kepada siswa. Materi bangun datar diberikan kepada siswa untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi bangun datar dari 5 soal yang diberikan masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil tes, wawancara. dan observasi dari keenam subjek menunjukkan bahwa sebagian subjek merasa kesulitan dan bingung disaat memasuki tahap menganalisis dan mengevaluasi. Siswa sering lupa dengan rumus-rumus dan konsep yang terikat dengan soal- soal tersebut sehingga menyulitkan mereka untuk menyelesaikan soal apalagi soal yang berbentuk soal HOTS yang lebih bersifat kontekstual dan membutuhkan kemampuan untuk menganalisis serta mengevaluasi yang tinggi.

Keywords


Faktor penghambat; Kemampuan berpikir kritis; Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Feriyanto, F., & Putri, R. O. E. (2020). Developing Mathematics Module Based on Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) Questions to Train Critical Thinking Ability of High School Students in Mojokerto. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012014

Harta, J., Ida Bagus Putu Arnyana, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Humanistik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 270–280. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.394

Henri. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Jeklin, A. (2016). July, 1–23.

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32.

Kunanti, E. S. (2020). Penyusunan pengembangan penilaian berbasis HOTS. Prosiding Seminar Nasional, 1, 19–26. http://digilib.unimed.ac.id/41215/1/Fulltext.pdf

Nurhayati, Santoso, E., & Kania, N. (2019). Program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah malang 2019. Seminar Nasional Pendidikan, 8(8), 592–596.

Paramitha, I. A. (2017). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 6–37.

Putri, V. N. A. (2019). Analisis High Order Thingking Skill (HOTS) calon guru pada permasalahan turunan dan penerapannya (Studi kasus: Sembilan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma angkatan 2015). Universitas Sanata Dharma, 53(9).

Rif, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of High Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.04103


Refbacks

  • There are currently no refbacks.