Efektivitas model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan HOTS siswa SD

Dendi Widy Arwindha, Fida Rahmantika Hadi, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan HOTS siswa SD. Jenisnya kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Sampel ialah siswa kelas IV A dan B SDN 01 Taman Kota Madiun dengan total 56 siswa. Kelas IV A menjadi kelas eksperimen, kelas IV B menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data dengan pretest dan posttest guna mengetahui kemampuan HOTS siswa dari kedua kelas. Pada hasil posttest kelas eksperimen didapat mean 72,14 dan kelas kontrol 46,64. Hasil analisis t-test nilai sign-2 tailed 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya model Group Investigation efektif terhadap kemampuan HOTS pada siswa kelas IV.

Keywords


Model pembelajaran; Group Investigation; kemampuan HOTS

Full Text:

PDF

References


Agustini, F., & Fajriyah, K. (2017). Abstrak . Laju perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah mendorong perubahan era globalisasi menjadi era data . Tuntutan kompetensi yang lebih tinggi harus dikuasi generasi muda , yakni keterampilan mengelola informasi yang diperoleh dan menggunak. 139–145.

Anugerah Bate’e. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Sd Negeri 4 Idanogawo. Jurnal Bina Gogik, 2(1), 143.

Cahyono, E., Lathif, S., & Pantiwati, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Tingkat Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar …. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3628

Darsana, I. M. P., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Education Technology, 3(3), 210. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21828

Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666

Komala, R., Lestari, D. P., & Ichsan, I. Z. (2020). Group investigation model in environmental learning: An effect for students’ higher order thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 9–14. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081802

Ngalimun, dkk, (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Cet, 1. Sleman Yogyakarta: Aswaja Persindo

Rahaman As'ari, Abdur, dkk, (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thingking Skils) Melalui Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Rusman, (2018). Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed.2-Cet, 7. Depok: Rajawali Pers

Sani, A. H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 57–62.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1250

Saraswati, A. M., & Saefudin, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 89. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.869

Setiana, N. D., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Penggunaaan Model Group Investigation (Gi) Dan Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V Sd. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 06–12. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.1918

Setiawati, W. dkk. (2020). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills. Pedagogika, 10(2), 84–94. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393


Refbacks

  • There are currently no refbacks.