Efektivitas model pembelajaran example non example

Qomarul Hidayah, Sri Lestari, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 02 Manisrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yaitu posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN 02 Manisrejo dengan jumlah total yaitu 38 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil analisis data menggunakan metode liliefors di kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,154 < Ltabel = 0,195 dan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,182 < Ltabel = 0,195. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,05 < Ftabel = 2,22. Pada uji hipotesis digunakan uji t, dengan hasil thitung = 19,158 > ttabel= 2,02809 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya Model pembelajaran Example Non Example efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SD.

Keywords


Model Pembelajaran Example Non Example; Hasil Belajar Tematik

References


Akbar, S., Ayun, I.Q., Satriyani, F.Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursalam, H. (2016). Strategi Belajar Mengajar IPS. Situbondo: CV Garuda Mas Sejahtera.

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3, 54-64.

Hidayani, Masrifa. 2016. Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2016. Jurnal. At-Talim, 15, 150-165.

Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Malang.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: Cv. Ae Media Grafika.

Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prasetya, T. I. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Malang. Journal Of Educational Research and Evaluation, 1, 107-112.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sinar. (2018). Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suryani, E., WS, R., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Pedadidaktika Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 100-108.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Tadrus: Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2, 140-142.

Wardika., dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitan Pendidikan Ganesha, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.