Penerapan model NHT (Numbered Head Together) pada pembelajaran tematik

Luthfiana Desmadani, Maya Kartika Sari, Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari pemanfaatan  model NHT (Numbered Head Together) pada sebuah pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Pilangbango Kota Madiun. Termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara diperoleh hasil penelitian bahwa dalam perencanaan diperlukan RPP, Silabus, media pembelajaran dan LKS. Pada pelaksanaan, guru dan siswa sudah bekerja sama dengan baik dengan melaksanakan pembelajaran sesuai langkah-langkah. Dan evaluasi, guru menarik kesimpulan bersama siswa dan masing-masing siswa mengerjakan LKS untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran yang dibuktikan dari nilai rata-rata lebih dari KKM <75. Hambatan yang terjadi alokasi waktu kurang efektif. Namun, siswa lebih percaya diri, aktif dan mampu berinteraksi dengan baik melalui diskusi bersama kelompok.

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Prndidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.