Analisis buku tematik integratif pada K-13 ditinjau dari kesetaraan gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola kesetaraan gender yang terdapat dalam Buku Tematik Siswa Kurikulum 2013 Kelas 4 SD dengan tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Kesetaraan gender ternyata masih tumbuh dalam lingkungan pendidikan di negeri ini. Penggambaran peran yang tidak setara antara laki-laki dan perempuan masih sering ditemukan dalam buku pegangan siswa. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum terbaru yang telah mengalami 3 kali revisi masih memuat nilai kesetaraan gender. Kesetaraan gender tersebut disosialisasikan melalui gambar ilustasi ataupun teks cerita. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara kepada guru untuk memperoleh data yang dicari. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak mampu melahirkan suatu kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Ketidaksetaraan gender terbentuk dalam 4 kategori yakni, kesetaraan gender dalam peran kerja, kesetaraan gender dalam nilai sifat, kesetaraan gender dalam status sosial dan kesetaraan gender dalam kegemaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arjani, N.L. (2006). Peran gender dalam kehidupan masyarakat adat di Bali. Kembang Rampai Perempuan Bali, 1-22.
Badriyah, Lailatul. (2014). Analisis Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013, Vol.2, (No.1), Hal 97
Diana Puspa Karitas, dkk. (2017). Buku Tematik Kelas 4 SD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, (Edisi Revisi).
Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan. Jurnal Al-Maiyyah, Volume 07 No. 2 Juli-Desember
Fakih, M. (2005). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Geriya. S. S. (2006). Profil pendidikan dari masa ke masa. Srikandi: Jurnal Studi Gender, 6(1), 42-49.
Ghufron, M. N. & Rini, R. S. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.