Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI

Yuliana Sandy Nurmalasari, supri wahyudi utomo, juli murwani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, karena perusahaan manufaktur saat ini sangat berkembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling tahun 2015-2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keputusan investasi, kebijakan dividen dan likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Semakin besar perhatian investor untuk membeli saham suatu entitas maka harganya akan semakin tinggi. Kebijakan dividen yang menguntungkan dan likuiditas perusahaan yang bagus akan memperoleh kepercayaan yang lebih tinggi, dengan demikian nilai entitas juga akan naik.


Full Text:

PDF

References


Arizki, A., Masdupi, E., & Zulvia, Y. (2019). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha Universitas Negeri Padang, 1(1), 73–82.

Fahmi, I. (2017). Analisis laporan keuangan. Bandung.

Ferina, I. S., Tjandrakirana, R., & Ismail, I. (2015). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Akuntanika, 2(1), 52–66.

Fidhayatin, S. K., & Dewi, N. H. U. (2012). Analisis nilai perusahaan, kinerja perusahaan dan kesempatan bertumbuh perusahaan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang listing di bei. The Indonesian Accounting Review Issn 2086-3802, 2(2), 203–214.

Mardiyati, U., Ahmad, G. N., & Abrar, M. (2015). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2013. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 417–439.

Patricia, Bangun, P., & Tarigan, U. M. (2018). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia). Manajemen Bisnis, 13(1).

Purnama, H. (2016). Pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang, kebijakan deviden, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Purnama, H. (2018). Pengaruh struktur modal, kebijakan deviden, dan keputusan investasi terhadap profitabilitas (studi kasus perusahaan manufaktur yang go publik di bursa efek indonesia). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika, 15(2).

Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 23(2), 1–7. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/85999-ID-pengaruh-ukuran-perusahaan-profitabilita.pdf

Sartini, L. P. N., & Purbawangsa, I. B. A. (2014). Pengaruh keputusan investasi, kebijakan deviden, serta keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(2), 81–91.

Wijaya, E. M., & Sekayu, R. (2014). Pengaruh keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan pertambangan di bursa efek indonesia. Akuntansi Politeknik Sekayu, 1(1), 52–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter