BAGAIMANA PERAN TQM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PELAYANAN PUSKESMAS ABG

Renita renita, Isharijadi Isharijadi, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peran TQM dalam meningkatkan kualitas SDM pada Pelayanan Ruang Bersalin Puskesmas ABG. Jenis penelitian  ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi peran TQM dalam meningkatkan kualitas SDM pada Pelayanan Puskesmas ABG terbukti dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan Puskesmas. Implementasi peran TQM sudah baik namun perlu adanya perbaikan aspek lingkungan menyangkut kerapian dan kebersihan di Ruang Bersalin dan aspek organisasi menyangkut sarana dan prasarana yang belum terpenuhi. Sedangkan kualitas SDM Puskesmas ABG sudah baik.

Full Text:

PDF

References


Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Gelora Aksara Pratama.

Gaspers, V. (2011). Total Quality Management Untuk Praktisi Bisnis dan Industri (Edisi Revi). Jakarta: Vinchristo Publication.

Huriyah, L., & Endraswari. (2016). Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Peningkatan Mutu Layanan Publik UIN Sunan Ampel Surabaya. IOSR Journal of Economics and Finance, 1(2), 304–332.

Indana, N. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng). 1(1), 62–86.

Konli, S. (2014). Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 1925–1936.

Mayangsari, D., Hadi, S. P., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Peran Total Quality Management Dan Kompensasi Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia PT. Djarum (Studi Kasus Pada Pabrik BL 53 Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.

Megalia, R. (2011). Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur : Studi tentang Implementasi Kebijakan Reformasi Sumber Daya Manusia pada Badan Pendidikan dan Pelatihan di Indonesia. 4(31), 259–286.

Nurba, E. (2012). Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Publik Pada Puskesmas Loajanan. Jurnal Eksis, 8(2), 2297–2308.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Perilaku Organisasi (Edisi 16). Jakarta: Salemba Empat.

Sumantri, I. H. (2015). Kinerja pegawai puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas rawat inap kelurahan makroman kecamatan sambutan kota samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 201–211.

Suyitno. (2016). Peningkatan sumberdaya manusia melalui penerapan total quality management. In Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Managemen Bisnis (Vol. 4).

Talib, F., Rahman, Z., & Qureshi, M. N. (2012). Total quality management in service sector: a literature review. International Journal of Business Innovation and Research, 6(3), 259–301.

Tilon, D. A. (2013). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Restoran A & W Di City Of Tomorrow Surabaya. 1(3), 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter