PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN: DIMENSI FRAUD TRIANGLE

Eri Maya Tika, Satrijo Budiwibowo, Farida Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan akademik, kesempatan, dan rasionalisasi dengan perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara tekanan akademik dengan perilaku kecurangan akademik; (2) terdapat hubungan yang positif antara kesempatan dengan perilaku kecurangan akademik; (3) terdapat hubungan yang positif antara kesempatan dengan perilaku kecurangan akademik; dan (4) terdapat hubungan yang positif antara rasonalisasi dengan perilaku kecurangan akademik.

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A., Elder, Randal J., & Beasley, Mark S. (2008). Auditing dan Jasa Assurance, Edisi Kelimabelas Jilid 1 (Alih bahasa : Herman Wibowo). Jakarta: Penerbit Erlanggga.

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnamasari, Dian & Irianto, G. (2013). Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Triangle terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa pada saat Ujian dan Metode Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2 (2) 1 – 25

Misbahuddin & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mufakkir, Muhammad. E. F. (2016). Pengaruh Faktor yang terdapat dalam Dimensi Fraud Triangle terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4 (3) 1 – 9.

Santoso, Muhammad Hadi & Adam, Helmy. (2014). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2 (2) 1 – 23.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung:

Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Th. 2012. Tentang Pendidikan Tinggi dan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah. (2013). Jakarta: CV Cipta Media Indonesia.

Zimbelman, Mark F., Albrecht, Conan C., Albrecht, W. Steve, & Albrecht, Chad O.

(2014). Akuntansi Forensik Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter