PENGARUH PERSONAL, POLITIK BACKGROUND, PENGETAHUAN ANGGARAN TERHADAP PERAN DEWAN DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DIMODERASI FL

Wiwin Meika Dewi, Elva Nuraina, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh personal background, political background, pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap peran anggota dewan dalam pengawasan keuangan daerah, dan financial literacy sebagai variabel moderasi pada DPRD Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden, yang merupakan seluruh anggota DPRD Kabupaten Madiun Periode 2014-2019. Teknik pengambilan sampel berjenis sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Personal Background dan Political Background tidak berpengaruh terhadap peran anggota dewan dalam pengawasan keuangan daerah., Sedangkan pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh signifikan terhadap peran anggota dewan dalam pengawasan keuangan daerah. Financial Literacy tidak memperkuat pengaruh personal background, political background, pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap peran anggota dewan dalam pengawasan keuangan daerah.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peran DPRD Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada DPRD Kabupaten Purworejo). Accounting Analysis Journal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bastian, Indra. (2009). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta. Dewi, I. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KapabilitasAnggota DPRD Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (APBD). Universitas Diponegoro:

Institutional Repository

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gudono. (2017). Teori Organisasi- Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Halim A, dan Kusufi MS. (2012). Akuntansi Sektor Publik:

Akuntansi Keuangan Daerah.

Jakarta: Salemba Empat.

Huston, SJ. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, Vol. 44 No. 2.

Indrawan & Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian- Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Mananjemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Kusufi M & Halim, A. (2012). Akuntansi Sektor Publik- Akuntansi Keuangan Daerah.

Jakarta: Salemba Empat.

Lubis, Arfan. (2010). Akuntansi Keprilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Mabyakto, G. (2017). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Santa Dharma. Yogyakarta: Skripsi di terbitkan

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta. CV Andi Offset.

Pramitha & Andriyani.(2010). Determinasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran dengan Pengawasan Dewan Pada Keuangan Daerah (APBD). SNA XIII

Priyatno, Dwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

(2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

(2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Madiun Dari Wilayah Kota Madiun Ke Wilayah Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan

Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, Dwiva. (2016). Pengaruh Personal Background, Political Background dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Peran DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Universitas Negeri Padang

Tandiontong, M. (2016). Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.

Winarna J, dan Murni S. (2007). “Pengaruh Personal Background, Political Background dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Peran DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus di Karesidenan Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2006)” Dalam Prosiding SNA X. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter